Breaking News:

Peringati HUT-ke 70, Kopassus Gelar Kejuaraan Indoor Skydiving Pertama Kalinya di Indonesia

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) akan menggelar Kejuaraan Indoor Skydiving untuk pertama kalinya di Indonesia.

Editor: dedy herdiana
Tribunjabar.id/Deanza Falevi
Dalam memperingati HUT-ke 70, Kopassus akan gelar kejuaraan Indoor Skydiving untuk pertama kalinya di Indonesia pada 20-22 Mei mendatang di Pusdiklatpassus Kopassus, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Deanza Falevi

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Komando Pasukan Khusus ( Kopassus) akan menggelar Kejuaraan Indoor Skydiving untuk pertama kalinya di Indonesia.

Kejuaraan ini akan digelar di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada 20-22 Mei 2022 mendatang.

Komandan Pusdiklatpassus Batujajar Brigjen TNI Agus Sasmita mengatakan, kejuaraan tingkat nasional ini salah satu kegiatan untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kopassus ke-70 tahun.

Meskipun baru pertama kali digelar di Indonesia, panitia kejuaraan HUT ke-70 Kopassus telah mempersiapkan hadiah dengan total senilai Rp 105 juta.

"Melalui kejuaraan ini pun kami bersama Komite Terjun Payung FASI, akan mensosialisasikan olahraga Indoor Skydiving yang selama ini belum begitu dikenal dengan masyarakat umum," ucap Agus, saat jumpa pers di Kopassus Indoor Skydiving Center, Kecamatan Batujajar, KBB, Jumat (13/5/2022) sore.

Baca juga: UPDATE KASUS SUBANG: Polisi Temukan DNA di Lokasi Pembunuhan Tuti dan Amalia, Milik Siapa?

Adapun bentuk sosialisasinya, Agus mengatakan, kejuaraan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan kategori 'Skydive Challange', nantinya masyarakat dapat merasakan terbang di dalam tabung simulasi Indoor Skydiving.

"Tak perlu repot-repot terjun dari pesawat, disini masyarakat dapat merasakan sensasi itu di dalam ruangan dan akan mendapatkan kesempatan membawa pulang hadiah," ucap Agus.

Dirinya mengatakan, kejuaraan ini diadakan juga karena tak banyak satuan TNI yang memiliki wind tunnel untuk skydiving indoor.

"Karena Kopassus memiliki fasilitas ini, maka kami manfaatkan dan juga untuk mengembangkan olahraga terjun payung dalam ruangan," ucapnya.

Dengan dapatnya masyarakat umum mendaftar, Agus mengharapkan, nantinya saat perlombaan semoga ada bibit-bibit atlet yang bisa kami kembangkan lebih lanjut dan diikutsertakan dalam kejuaraan Indoor Skydiving lainnya.

Selain itu, ia juga berharap, olahraga Indoor Skydiving ini bisa diakui oleh Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang bisa disertakan dalam perlombaan resmi olahraga tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga: SOSOK Brigjen Iwan Setiawan, Danjen Kopassus Asal Bandung Pilihan Jenderal Andika, Penakluk Everest

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaraan HUT ke-70 Kopassus tahun 2022, Kolonel Inf Agus Bhakti mengatakan, kejuaraan ini nantinya akan dibuka oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan.

"Bekerja sama dengan FASI dan di bawah koordinator Komandan Sekolah Para Pusdiklatpassus Mayor Inf Alzaki. Semoga dengan keterlibatan masyarakat umum, klub terjun payung, peserta dari TNI/Polri, dan atlet, bisa membuat olahraga ini semakin populer, karena di Kopassus ada fasilitasnya," ucapnya.

Koordinator Umum Mayor Inf Alzaki pun menjelaskan kategori kelas pada kejuaraan Indoor Skydiving ini.

"Pada Kopassus National Indoor Skydiving Championship 2022 ini, nanti akan terbagi dalam tiga kelas, yaitu Kelas Advance, Kelas Basic-Intermediate dan Kelas Skydiving Challange. Kelas Sydiving Challange ini yang nantinya dapat diikuti oleh masyarakat umum," ujar Alzaki. (*)

Baca juga: Momen Haru Letkol Nur Wahyudi Peluk & Maafkan Pencuri Ponselnya, Ini Sosok Perwira Jebolan Kopassus

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved