Breaking News:

Mak Esih Tinggal di Gubuk Reyot Nyaris Ambruk, Kini Semringah Rumah Direnovasi Ridwan Kamil

Mak Esih yang merupakan potret warga tak mampu tinggal di gubuk reyot di Cigondewahkaler

Editor: Machmud Mubarok
Istinewa
Ma Esih (85) tinggal di gubuk reyot yang akan direnovasi Jabar Quick Response. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Ma Esih (85) kini bisa bernapas lega karena gubuk reyot yang ditinggalinya di Jalan Baturengat, Kelurahan Cigondewahkaler, Kecamatan Bandungkulon, Kota Bandung, segera di renovasi. Setelah rampung, ia tidak akan khawatir atap rumahnya ambruk.

Gubuk reyot yang ditinggalinya ini akan di renovasi menggunakan dana bantuan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui Jabar Quick Response (JQR). Mak Esih yang merupakan potret warga tak mampu ini mendapat perhatian dari Gubernur setelah mendapat pelaporan dari masyarakat.

Penyaluran bantuan ini dilaksanakan di kantor Kelurahan Cigondewahkaler disaksikan oleh Lurah Cigondewahkaler, Kepolisian, LPPM, PKK, tokoh masyarakat, dan perwakilan keluarga. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan bahwa panitia pembangunan rumah Mak Esih terdiri atas dari unsur masyarakat dan aparatur kewilayahan.

Manager Operasional JQR Nizar Ilyassa mengatakan tim JQR segera menidaklanjuti informasi kemalangan yang ditimpa Ma Esih dengan prosedur verifikasi serta survei. Setelah hasil survei di lokasi tim segera menindaklanjuti dengan memberikan dana bantuan pembangunan rumah.

“Dana yang diberikan merupakan dana stimulus pembangunan, JQR juga mengajak pihak lainnya untuk ikut berkontribusi membantu Ma Esih agar tinggal di rumah yang layak huni,” ujarnya melalui ponsel, Kamis (12/5).

Nizar menjelaskan berdasarkan hasil survei, diketahui dalam kesehariannya Ma Esih bergantung kepada keluarga, warga sekitar, dan bantuan dari pemerintah. 

Pembangunan rumah akan dilakukan secara gotong royong dari warga setempat. Selama proses pembangunan, Ma Esih akan tinggal di rumah sementara yang disiapkan oleh aparatur kewilayahan.

“Semoga kolaborasi ini menjadi pemantik atau contoh untuk saling gotong royong jika menemukan kejadian serupa di wilayah Cigondewah,” tuturnya

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved