Breaking News:

Akhirnya Terungkap Tujuan Rahasia Rusia Caplok Ukraina, Satu Tetangga Miskin Ketakutan

Seorang petinggi militer Rusia akhirnya mengungkap tujuan invasi militer negara itu terhadap tetangganya Ukraina.

Penulis: Adi Sasono | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Twitter/Brexit Buster @BrexitBuster
Kondisi kota pelabuhan Mariupol yang dikepung dan dibombardir pasukan Rusia, Minggu (20/3/2022). 

TRIBUNCIREBON.COM- Seorang petinggi militer Rusia akhirnya mengungkap tujuan invasi militer negara itu terhadap tetangganya Ukraina.

Dalam sebuah pertemuan di Sverdlovsk, Rusia tengah, Jumat (22/4/2022), Mayjen Rustam Minnekayev, mengungkapkan, invasi itu bertujuan membentuk sebuah koridor darat yang membentang di wilayah selatan Ukraina.

Wilayah itu akan membentang dari wilayah Donbas yang kini sedang mereka kepung, hingga Transnistria yang secara resmi masuk wilayah Moldova.

"Penguasaan wilayah selatan Ukraina itu merupakan jalan menuju Transnistria yang juga ditemukan bukti penindasan terhadap warga berbahasa Rusia," kata Minnekayev. 

Tentu saja, pernyataan itu mengejutkan penguasa Moldova yang menganggap itu sebagai ancaman. 

serangan udara Rusia telah meluluhlantakkan sejumlah kota, termasuk Kharkiv, kota kedua terbesar di Ukraina.
serangan udara Rusia telah meluluhlantakkan sejumlah kota, termasuk Kharkiv, kota kedua terbesar di Ukraina. (Twitter)

Kementerian Luar Negeri Moldova pun memanggil dubes Rusia dan menyampaikan kekhawatirannya yang mendalam atas ucapan Minnekayev itu.

"Pernyataan itu tidak berdasar dan bertentangan dengan posisi Federasi Rusia yang mendukung kedaulatan Republik Moldova," demikian pernyataan Kemenlu Moldova di situs resminya.

Dalam pertemuan itu, kata Kemenlu Moldova, ditegaskan kembali bahwa Republik Moldova adalah negara netral dan prinsip ini harus dihormati semua aktor internasional, termasuk Federasi Rusia.

Pemerintah Ukraina, awal April, menyebut, sebuah lapangan udara di Transnistria sedang dipersiapkan untuk pendaratan pesawat tempur Rusia. Pernyataan itu pun sudah dibantah juru bicara Kementerian Pertahanan Moldova.

Bila koridor yang dimaksud Minnekayev itu terbentuk maka, penguasaan wilayah Donbas akan dilanjutkan terus ke barat hingga melibas Kherson, Odessa, Mykolaiv dan berakhir di Transnistria milik Moldova.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved