Breaking News:

Ini Rahasia yang Dimiliki Ponpes Cadangpinggan Indramayu Sampai Buat Wagub Jabar Terkesima

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dibuat terkesima saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Cadangpinggan Indramayu.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama KH Abdul Syakur Yasin MA saat melihat pengelolaan sampah di Ponpes Cadangpinggan Indramayu, Rabu (6/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dibuat terkesima saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Cadangpinggan Indramayu.

Pasalnya, saat berkeliling, ia sama sekali tidak menemukan lingkungan pondok pesantren yang kumuh di sana.

Selain itu, Uu Ruzhanul Ulum juga merasa heran tidak menemukan adanya tumpukan sampah di lingkungan pesantren yang dipimpin KH Abdul Syakur Yasin MA.

"Yang menjadi menarik buat saya, kenapa prsantren ini bersih. Padahal kan pesantren biasanya identik dengan kotor dan lain sebagainya, ternyata ada rahasianya," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Panglima Santri Geram Pesantren Disebut Produk Radikal dan Al Quran harus Direvisi, Ini Katanya

Baca juga: 8 Santri Tewas Dalam Kebakaran Pesantren, Para Santri Ternyata Menantikan Acara Penting Ini

Rahasia itu, kata Uu Ruzhanul Ulum karena adanya manajemen pengelolaan sampah yang sangat baik dilakukan oleh pihak pesantren.

Di bagian belakang pesantren, terdapat sebuah tempat pembakaran sampah sederhana namun mampu mengatasi pesoalan sampah walau lingkungan pesantren sangat luas.

Sementara itu, KH Abdul Syakur Yasin MA mengatakan, kebersihan memang menjadi prioritas bagi pondok pesantren yang dipimpinnya tersebut.

Ponpes Cadangpinggan Indramayu_2
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama KH Abdul Syakur Yasin MA di Ponpes Cadangpinggan Indramayu, Rabu (6/4/2022).

Pihak pesantren bahkan memiliki petugas khusus yang mengelola sampah di dalam lingkungan ponpes.

Petugas itu nantinya juga akan memilah sampah- sampah yang bisa didaur ulang kembali, sampah untuk keperluan pupuk, dan sampah yang harus dibakar.

"Karena kebersihan itu manivestasi dari iman," ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved