Breaking News:

Aturan Mudik Terbaru, Penumpang Kereta Api Bebas PCR/Antigen Asal Lolos Syarat Ini

Berikut ini aturan dan syarat terbaru untuk perjalanan mudik menggunakan kereta api.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah penumpang saat menunggu kereta api langsir di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (2/4/2022). 

TRIBUNCIREBON.COM- Berikut ini aturan dan syarat terbaru untuk perjalanan mudik menggunakan kereta api.

Pemerintah telah memberi izin untuk mudik dengan syarat harus wajib vaksin booster.

Bagi pe mudik yang belum booster, cukup tunjukkan surat ini ke petugas yang memeriksa dokumen persyaratan sebelum naik kereta api.

Diketahui, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Coid-19, Senin (4/4/2022), yang berlaku efektif mulai 5 April 2022.

Aturan perjalanan dengan kereta api ini merupakan penyesuaian terhadap aturan perjalanan sebelumnya.

 Ini sekaligus turunan dari SE Satgas Nomor 16 Tahun 2022 yang telah diterbitkan untuk mengantisipasi pergerakan penumpang selama masa mudik Idul Fitri 1443 H.

Aturan terbaru perjalanan domestik dengan kereta api

Inilah aturan dan syarat perjalanan terbaru bagi penumpang kereta api pada tahun 2022, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (5/4/2022):

1. Penumpang kereta api (KA) antarkota yang baru mendapat vaksin Covid-19 dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT- PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam.

2. Penumpang KA antarkota yang sudah mendapat vaksin dosis kedua, wajib menunjukkan surat/keterangan hasil negatif rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam atau hasil negatif tes RT- PCR yang berlaku 3x24 jam.

3. Penumpang KA antarkota yang sudah mendapat vaksin dosis ketiga ( booster), tidak perlu menujukkan surat keterangan bebas Covid-19, baik rapid test antigen maupun tes RT- PCR.

4. Penumpang anak-anak berusia di bawah 6 tahun, dibebaskan dari ketentuan vaksinasi dan wajib didampingi oleh pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksin maupun pemeriksaan.

5. Penumpang KA antarkota yang memiliki kondisi kesehatan tertentu sehingga tidak memungkinkan untuk menerima vaksin, diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT- PCR dan melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah terkait kondisi kesehatan yang bersangkutan.

6. Penumpang KA antarkota wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi sebagai persyaratan perjalanan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved