Breaking News:

Wabup Cirebon Desak Pungli Diberantas di Semua Sektor Pelayanan Publik: Itu Bibit Korupsi

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, meminta pungli diberantas dari seluruh sektor pelayanan publik.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/ Ahmad Imam Baehaqi
Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, meminta pungli diberantas dari seluruh sektor pelayanan publik.

Pasalnya, pungli kerap muncul dari kebiasan yang dianggap sepele, misalnya meminta uang kepada masyarakat sebagai imbal jasa sebuah pelayanan.

Padahal, menurut dia, seharusnya masyarakat tidak dipungut biaya. Namun, kebiasaan itu dipandang lumrah dengan alasan budaya ketimuran.

"Kebiasaan semacam itu lama-lama akan menjadi bibit-bibit korupsi yang nyata, sehingga tidak boleh terjadi di Kabupaten Cirebon," ujar Wahyu Tjiptaningsih saat sitemu usai Sosialisasi Saber Pungli di lingkungan Disdik Kabupaten Cirebon di Hotel Patra, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Senin (7/3/2022).

"Jangan salah, kebiasaan berperilaku koruptif yang selama ini dianggap wajar, dapat dinyatakan sebagai tindak pidana korupsi," kata Wahyu Tjiptaningsih.

Baca juga: Pengakuan Pelaku Pungli Modus Cuci Mobil Secara Paksa di Objek Wisata Cipanas Garut

Karenanya, mengajak semua pihak untuk melakukan langkah konkret dalam memberantas pungli di seluruh sektor pelayanan publik di Kabupaten Cirebon.

Bahkan, pungli tidak hanya terfokus pada urusan KTP, pengurusan sertifikat, masalah kepegawaian, maupun administrasi kantor, tetapi untuk seluruh layanan publik. 

"Termasuk layanan dan manajemen pengelolaan bidang pendidikan dan kesehatan. Pokoknya, hal-hal lain yang berkaitan dengan pungli harus dihilangkan," ujar Wahyu Tjiptaningsih.

Ia mengatakan, pemberantasan pungli, tidak memandang besar kecilnya nilai, namun yang terpenting dampaknya bakal membuat masyarakat kesulitan mendapat pelayanan.

Jika pemberantasan pungli berjalan maksimal, maka kepercayaan publik terhadap pemerintah akan meningkat, dan keadilan serta kepastian hukum juga dapat ditegakkan. 

"Saya berharap, Disdik Kabupaten Cirebon sebagai instansi yang jumlah ASN banyak, sangat serius memberantas pungli," kata Wahyu Tjiptaningsih.

Baca juga: Polresta Cirebon Bakal Tindak Tegas E-Warung yang Paksa Penerima BPNT untuk Belanja

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved