Breaking News:

Satu Keluarga di Cirebon Positif Covid

Antisipasi Penyebaran Omicron, RSD Gunung Jati Kota Cirebon Siapkan Ratusan Tempat Tidur

seluruh ruangan itu pun siap digunakan untuk merawat pasien Covid-19 varian Omicron meski sejak kasus melandai kondisinya kosong.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
Facebook/RSD Gunung Jati Kota Cirebon
Tampak depan gedung RSD Gunung Jati Kota Cirebon. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - RSD Gunung Jati Kota Cirebon menyiapkan ratusan tempat tidur atau bed untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Direktur RSD Gunung Jati Kota Cirebon, dr Kartibi, mengatakan, ratusan bed tersebut tersebar di beberapa ruang perawatan.

Menurut dia, seluruh ruangan itu pun siap digunakan untuk merawat pasien Covid-19 varian Omicron meski sejak kasus melandai kondisinya kosong.

"Kami terakhir merawat pasien Covid-19 pada November 2021, kemudian awal bulan ini ada lagi dan sekarang kosong," kata Kartibi saat ditemui di RSD Gunung Jati, Jalan Sudharsono, Kota Cirebon, Senin (31/1/2022).

Baca juga: DETIK-DETIK 9 Pemain Persib Terpapar Covid-19, Mula 3 Orang Positif hingga Ada Dugaan Kena Omicron

Baca juga: Pasien Covid-19 yang Meninggal Bertambah 18 Orang Hari Ini, 12 Orang Diantaranya dari DKI Jakarta

Ia mengatakan, sejak 11 Januari 2022 hingga hari ini tidak ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang diisolasi di RSD Gunung Jati.

Saat ini, ruangan yang disiagakan untuk merawat pasien Covid-19 ialah Ruang Flu Burung (FB) dan berkapasitas enam tempat tidur.

Selain itu, ruangan yang disiapkan untuk menampung pasien Covid-19, di antaranya, Ruang Teratai 1 dan 2, serta Ruang Prabu Siliwangi 1 - 4.

"Di enam ruangan tersebut terdapat 158 tempat tidur yang disiapkan untuk merawat pasien Covid-19, termasuk varian Omicron," ujar Kartibi.

Kartibi menyampaikan, jika penyebaran Covid-19 kembali melonjak dan bed occupacy ratio (BOR) mendekati 100 persen maka dua ruangan lainnya bakal dioperasikan.

Yakni, Ruang Kiansantang yang berkapasitas 30 tempat tidur dan eks IGD RSD Gunung Jati yang dapat menampung hingga 16 tempat tidur.

Pihaknya memastikan, seluruh ruangan tersebut siap digunakan kapan pun untuk merawat pasien Covid-19 meski kondisi semacam itu tidak diharapkan terjadi.

"Ini menjadi bukti kesiapan kami sebagai rumah sakit rujukan utama pasien Covid-19 di wilayah Ciayumajakuning, Brebes, Tegal, dan lainnya," kata Kartibi.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved