Breaking News:

Heboh Rumah Makan Kuningan Sediakan Menu Ikan Arwana, Harga Fantastis, Sedot Pelancong Luar Daerah

Belum genap sebulan, rumah makan yang berada di Desa Linggamekar Kuningan resmi merilis menu makanan berbahan dasar ikan arwana.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Menu makanan berbahan dasar ikan arwana 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Belum genap sebulan, rumah makan yang berada di Desa Linggamekar, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, resmi merilis menu makanan berbahan dasar ikan arwana.

Kini para pelancong daerah dan luar daerah Kuningan mulai melirik hingga menyempatkan berkunjung ke rumah makan tersebut.

"Ya untuk pengunjung menikmati kuliner dengan sajian menu ikan arwana sudah mulai berdatangan," kata Maman Aulia, Manajer rumah makan setempat, Senin (24/1/2022).

Maman menyebut jenis ikan arwana yang menjadi menu makan disini, itu menggunakan jenis ikan arwana Brazil Silver.

Namun, untuk cara penyajian itu beragam olahan masakan.

"Jenis arwana yang kita sajikan itu jenis Brazil Silver, kita biasa sajikan itu bergantung pada permintaan konsumen juga. Bisa di masak dengan kau bumbu Kuningan, ikan arwan bakar sambal cobek, ikan arwan goreng atau bisa pepes ikan arwana," katanya.

Di akhir bulan tahun baru 2022, kata dia menyebut jumlah pengunjung datang itu mayoritas penasaran dan ingin merasakan langsung bagaiamana tekstur daripada daging ikan arwana tersebut.

"Ya akhir pekan kemarin, ada rombongan pengunjung datang dari Jakarta. Mereka pesan menu ikan arwana dengan olahan berbeda-beda," katanya.

Di tempat sama, Sansan salah seorang penikmat menu ikan arwana di lokasi tadi mengatakan, sangat senang bisa menikmati langsung sajian kuliner bergengsi dan mewah begini.

"Untuk tekstur daging ikan arwana ini sangat lembut dan ini jelas berbeda dengan daging ikan lainnya. Kemudian, citarasa gurihnya itu mantap dan enak," katanya.

Mengenai harga beli untuk setiap porsinya, San san mengaku sangat mengapresiasi dan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap pembudidaya ikan arwana juga.

"Kalau untuk harga, kita akui bahwa ini bentuk penghargaan terhadap usaha pembudidaya ikan juga. Ini sangat seimbang dengan perjuangan pembudidaya ikan hingga sajian menu Ikan Arwana ini bisa enak begini," kata San san seraya menambahkan bahwa pengalaman makan mahal dengan menu ikan arwan ini merupakan pengalaman pertama kalinya.

Bicara kuliner di Kota Kuda memang tidak pernah ada habisnya dan menjadi kunjungan wajib bagi wisatawan saat berada di Kuningan.

Belakangan bikin heboh warga di Kuningan, ini terjadi pada sajian menu makan di sebuah rumah makan dengan menyediakan ikan arwana sebagai menu makan favorit di rumah makan tersebut.

Maman Aulia Manajer rumah makan Limer yang berada di Desa Linggamekar, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, saat berbincang dengan Tribuncirebon.com, mengaku bahwa lapak kuliner yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai ini baru merilis menu makan ikan arwana.

"Iya, di tahun 2022 sekarang ini kami mengeluarkan menu makan baru. Menu Ikan Arwana yang memiliki kandungan gizi dan protein tinggi," ungkap Maman dalam mengawali perbincangan tadi, Kamis (13/1/2022).

Untuk bisa menikmati langsung citarasa menu Ikan Arwana, kata Maman mengaku bahwa ini bisa di nikmati langsung untuk umum.

"Cara menikmati menu ikan arwana, pertama itu jelas harus melakukan pemesanan tiga hari sebelumnya. Alasan itu, karena harga menu ikan arwana ini cukup mengocek uang juga," katanya.

Masalah harga per porsi menu ikan arwana, kata Maman menyebut bahwa harga jual satu porsi itu bisa mulai dari Rp 300 ribu bisa lebih.

"Ya, untuk menu ikan arwana kita jual per ons itu seharga Rp 300 ribu. Biasanya untuk satu porsi ukuran empat orang itu biasa bibit ikan arwan itu sampai setengah kilogram," ujarnya.

Ditanya soal penyajian menu ikan arwana, kata Maman mengaku bahwa menu ikan arwana itu bisa sambel cobek, pepes dan goreng. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved