Breaking News:

Calon Pangkostrad

Nama-nama Jenderal yang Berpeluang Jadi Pangkostrad, Menantu Luhut hingga Eks Danjen Kopassus

Pengamat militer Khairul Fahmi, membeberkan empat nama yang dinilainya berpeluang menjadi Pangkostrad.

Editor: Mumu Mujahidin
(Dok. TNI AD)
(Searah jarum jam) Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Mayjen TNI Agus Subiyanto, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso. 

TRIBUNCIREBON.COM - Selain nama Mayjen Maruli Simanjuntak ada nama-nama lain yang dinilai pengamat berpeluang jadi Pangkostrad.

Pengamat militer dari Institut for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, membeberkan empat nama yang dinilainya berpeluang menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Keempat nama tersebut adalah Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Mayjen TNI Agus Subiyanto, Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

"Di antaranya ada nama Maruli Simanjuntak, Agus Subiyanto, Teguh Pujo Rumekso, dan I Nyoman Cantiasa," ungkap Fahmi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Diketahui, empat nama yang disampaikan Fahmi tersebut saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam).

Menurut Fahmi, pengalaman Maruli, Agus, Teguh, dan Cantiasa sebagai Pangdam tersebut menjadi modal utama jika nantinya satu diantara mereka ditunjuk sebagai Pangkostrad.

(Searah jarum jam) Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Mayjen TNI Agus Subiyanto, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso.
(Searah jarum jam) Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Mayjen TNI Agus Subiyanto, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso. (Dok. TNI AD)

Kendati demikian, ia menilai nama Maruli dan Agus tak masuk dalam daftar prioritas jika pengisian Pangkostrad mempertimbangkan aspek senioritas.

Pasalnya, Maruli dan Agus sama-sama merupakan lulusan Akademi Militer 1992.

Sementara, masih ada sejumlah senior di generasi Akmil 90-an yang layak, memiliki prestasi, dan kaya pengalaman, seperti Teguh dan Cantiasa.

"Maruli yang merupakan alumni Akmil 1992 tidak akan berada di prioritas pertama karena ada sejumlah senior di generasi Akmil 90-an yang juga layak, memiliki prestasi, dan kaya pengalaman," terangnya, dikutip dari Kompas.com.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved