Breaking News:

Oorange UNPAD Resmikan Kedai ProKUS di Majalengka, Bantu Tingkatkan Harga Jual Produk UMKM

Oorange Universitas Pajajaran (UNPAD) meresmikan kedai Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) yang berada di Desa Paniis

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Sejumlah perajin makanan yang yang sedang memproduksi olahan menjadi makanan ringan yang bernilai jual tinggi di Desa Paniis, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA- Oorange Universitas Pajajaran (UNPAD) meresmikan kedai Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) yang berada di Desa Paniis, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022).

Hal itu bertujuan meningkatkan harga jual produk UMKM yang berada di desa tersebut.

Staf Ahli Inkubator Bisnis Bidang Agribisnis UNPAD, Gema Wibawa Mukti mengatakan, kedai tersebut merupakan hasil program pendampingan yang dilaksanakan pihaknya selama 4 bulan.

"Ini adalah lanjutan dari program ProKUS pertama tahun 2020. Kita sudah menyelesaikan program pendampingan yang dilaksanakan dari September sampai Desember. Dan, alhamdulillah ditutup dengan peresmian kedai ProKUS, tempat KPM (kelompok penerima manfaat) berkumpul untuk memasarkan produknya," ujar Gema kepada Tribun, Rabu (12/1/2022).

Dijelaskan dia, dari seluruh KPM binaannya saat ini baru sekitar 20 persen yang sudah memasarkan produknya.

Adapun, produk yang mendominasi di kedai ProKUS ini adalah jenis produk makanan.

"Ke depan insyallah semua bisa tergabung di sini. Untuk produk ada 24 yang sudah masuk. Kebanyakan (produk) pangan," ucapnya.

Sejumlah perajin makanan yang yang sedang memproduksi olahan menjadi makanan ringan yang bernilai jual tinggi di Desa Paniis, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka
Sejumlah perajin makanan yang yang sedang memproduksi olahan menjadi makanan ringan yang bernilai jual tinggi di Desa Paniis, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

Kendati, peran Oorange UNPAD dalam program ini adalah pembinaan terhadap manajemen bisnisnya, pihaknya menyampaikan, kehadirannya dapat meningkatkan jual produk.

Selain itu, dapat pula melakukan pencatatan keuangan kemudian pemasaran kemasan dan sebagainya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved