Breaking News:

Habib Bahar Ajukan Lagi Surat Penangguhan Penahanan, Atas Permohonan Istri dan Ulama se Jabar

Kuasa Hukum Habib Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta bakal mengajukan surat penangguhan penahanan kliennya untuk yang kedua kali, ke Polda Jabar. 

Editor: dedy herdiana
Tribun Jabar
Habib Bahar bin Smith tiba di Polda Jabar untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan ujaran kebencian. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNCIREBON, BANDUNG - Kuasa Hukum Habib Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta bakal mengajukan surat penangguhan penahanan kliennya untuk yang kedua kali, ke Polda Jabar

Sebelumnya, pihak Habib Bahar sudah pernah mengajukan permohonan penangguhan penahanan, tapi belum dikabulkan oleh Polda Jabar

"Kita belum dapat jawabannya dari Polda Jabar, hari ini baru akan kita masukan lagi terkait permohonan penangguhan istri dari para ulama se-Jawa Barat," ujar Ichwan, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (12/1/2022). 

Sosok Fadlun Faisal Balghoits Istri Bahar bin Smith yang Jarang Terekspos.
Sosok Fadlun Faisal Balghoits Istri Bahar bin Smith yang Jarang Terekspos. (Youtube Surya Online)

Baca juga: Saksi Pelapor Habib Bahar bin Smith Sudah Diperiksa Polda Jabar, Ditanya Soal Ucapan Jenderal Dudung

Dikatakan Ichwan, dalam surat permohonan penangguhan penahanan pertama, pihaknya beralasan jika Bahar dibutuhkan oleh para santri dan merupakan tulang punggung keluarga. 

"Alasan penangguhannya karena Habib Bahar dibutuhkan oleh santri-santrinya agar bisa memberikan pendidikan agama  di Pondok, kedua karena dia tulang punggung keluarga juga, dan menjamin tidak akan melarikan diri," katanya. 

Dalam surat pengajuan penangguhan kedua ini, kata dia, alasannya masih sama dan ditambahkan penjamin dari Istri dan para ulama se-Jawa Barat. 

"Ya, sebagai jaminan istri dan para ulama, tidak akan melarikan diri, tidak akan mengulangi perbuatannya lagi dan tidak akan menghilangkan barang bukti, itu standarnya," ucapnya. 

Habib Bahar menjadi tersangka dugaan penyebaran berita bohong saat mengisi ceramah di Margaasih, Kabupaten Bandung. 

Bahar ditetapkan tersangka setelah menjalani pemeriksaan di Polda Jabar pada Senin 3 Januari 2022. Berdasarkan hasil penyidikan dan pemeriksaan, ditambah dua alat bukti yang didapat penyidik, maka status Bahar kini dinaikkan menjadi tersangka. 

Bahar disangkakan Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 2 juncto 45 a UU ITE juncto Pasal 55 KUHP.

Baca juga: Setelah 3 Hari Habib Bahar Ajukan Penangguhan Penahanan, Begini Pernyataan Polda Jabar 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved