Breaking News:

Garut Disebut Memiliki Embrio NII, BNPT Turun Tangan, 4 Jenderal Diterjunkan ke Garut

Isu bangkitnya kembali Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Garut kembali mencuat setelah 20 remaja di Garut dikabarkan terpapar.

istimewa
Ilustrasi Bendera NII 

TRIBUNCIREBON.COM, GARUT - Isu bangkitnya kembali Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Garut kembali mencuat setelah 20 remaja di Garut dikabarkan terpapar.

Ditemukannya puluhan remaja yang terpapar paham NII tersebut kemudian diikuti oleh serangkaian aksi damai yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Garut.

Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Republik Indonesia pun turun langsung ke Garut dengan mengutus empat Jenderal. 

Baca juga: Mantan Persib Sebut Maung Bandung Perlu Rekrut Bek Anyar: Lini Belakang Harus Diperhatikan

Keempat jenderal tersebut berdialog langsung bersama tokoh masyarakat dan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut.

Dialog tersebut dalam rangka pencegahan paham radikal dan terorisme di Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Hotel Harmoni, Cipanas, Kabupaten Garut, Selasa (11/1/2022).

Sekretaris Utama BNPT RI, Mayjen TNI Dedi Sambowo mengatakan pihaknya melakukan dialog langsung dengan tokoh agama dan masyarakat Garut dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan nasional dalam menjaga NKRI dari paham radikal.

Baca juga: Kecelakaan di Kampung Selaawi Sore Ini, Truk Bermuatan Umbi Terguling dan Tabrak Mobil Angkot

Kedatangannya ke Garut juga terkait potensi penyebaran paham radikalisme yang tinggi, karena Garut memiliki sejarah sebagai salah satu basis dari munculnya paham radikal yakni Negara Islam Indonesia (NII).

"Termasuk itu salah satunya itu, jadi sejarah mengatakan bahwa di Garut ini merupakan salah satu tempat, basis atau pun embrionya NII," ujarnya saat diwawancarai awak media.

Dedi menjelaskan bahwa ideologi terhadap suatu paham tidak akan pernah padam dan akan selalu ada.

Oleh karena itu pihaknya mengajak semua elemen masyarakt untuk bersama-sama mencegah dan menjaga generasi muda saat ini agar tidak terpapar ideologi selain dari Pancasila.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved