Breaking News:

PEMUDA Asal Cibiru Sukses Budidaya Beragam Jenis Anggur Impor di Halaman Rumah, Begini Kisahnya

Saat melihat hasil budidayanya, buah-buah anggur dari berbagai jenis tampak menggiurkan menggantung dengan berbagai warna dari hijau, hitam, sampai me

Editor: dedy herdiana
Tribunjabar.id/Muhamad Nandri Prilatama
Bayu Anggara (27) pemuda yang berhasil budidaya anggur impor di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Minggu (9/1/2022). 

Laporam Wartawan Tribunjabar.id, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - TAK memiliki pekerjaan karena dirumahkan sementara oleh perusahaan tempatnya bekerja pada awal pandemi Covid-19, Bayu Anggara (27) justru sukses menjadi petani anggur.

Bayu, pemuda asal Cibiru ini membudidayakan anggur di pekarangan dan belakang rumahnya. Tak disangka, hasilnya mencengangkan.

Saat melihat hasil budidayanya, buah-buah anggur dari berbagai jenis tampak menggiurkan menggantung dengan berbagai warna dari hijau, hitam, sampai merah.

Selain itu, ratusan atau bahkan ribuan bibit pun memadati setiap sudut pekarangan dan belakang rumah Bayu Anggara ini.

Bayu Anggara (27) pemuda yang berhasil budidaya anggur impor di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Minggu (9/1/2022).
Bayu Anggara (27) pemuda yang berhasil budidaya anggur impor di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Minggu (9/1/2022). (Tribunjabar.id/Muhamad Nandri Prilatama)

Ditemui di kediamannya di RT 3/13, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Minggu (9/1), Bayu bercerita mulai mempelajari budi daya anggur ini secara otodidak dari tayangan-tayangan di Youtube.

Kebijakan perusahaan merumahkannya sejak Januari hingga Maret 2021 membuatnya memiliki banyak sekali waktu luang.

Selama tiga bulan itu dia belajar, mulai dari masalah media tanam, penyetekan, okulasi, sampai dengan pembuahan anggur.

"Saya ikut-ikut komunitas dan melihat-lihat Youtube juga untuk menambah ilmu. Lalu, akhirnya di sini sering diadakan sharing atau berbagi pengalaman ilmu membudidaya anggur," kata Bayu.

Baca juga: Jenis Rumput Gajah Ini Bikin Bobot Ternak Naik Drastis, Peternak Indramayu Ini Pun Kebanjiran Order

Pada awalnya, kata Bayu, ada banyak kesulitan yang ia temui dalam membudidayakan anggur.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved