Breaking News:

45 Titik Potensi Wisata Alam di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Hanya 5 Yang Dikelola PDAU

jumlah potensi wisata alam yang dikelola oleh pemerintah melalui Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) dan masyarakat di Kuningan ada 45 titik

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Pemandangan Gunung Ciremai yang diambil dari Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Foto diambil 20 September 2019. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Total potensi objek wisata alam di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai sebanyak 64 titik yang tersebar di Kabupaten Majalengka dan Kuningan. Namun jumlah potensi wisata alam yang dikelola oleh pemerintah melalui Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) dan masyarakat pada umumnya di Kuningan ada 45 titik lokasi wisata alam.

Demikian hal itu dikatakan Kepala BTNGC (Balai Taman Nasional Gunung Ciremai) Kuningan Teguh Setiawan, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Senin (10/1/2022).

Menurut Teguh Setiawan, usaha wisata alam yang dikelola oleh perusahaan daerah di Kuningan itu ada sebanyak 5 titik lokasi wisata.

Baca juga: Mau Liburan Akhir Tahun di Objek Wisata Kuningan? Wajib Bawa Hasil Negatif Rapid Test Antigen

Baca juga: 2 Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Dilaporkan ke KPK, Ini Dugaan Kasusnya

Kemudian, sisanya itu oleh masyarakat yang berada di Kuningan dan Majalengka. "Iya, dari 45 titik objek daya tarik wisata alam itu dikelola oleh Perusahaan Daerah Aneka Usaha di Kuningan itu ada 5 titik. Sementara jumlah lainnya itu dilakukan oleh masyarakat," katanya.

Potensi wisata alam di kawasan Gunung Ciremai, kata Teguh, memiliki pendapatan langsung dan masuk pada kas negara. "Untuk pendapatan negara bukan pajak, kalau angka rinci harus lihat administrasi dulu ya, namun laporan terakhir kami terima itu ada PNBP sudah masuk sekitar Rp 1,2 miliar sekian," kata Teguh lagi.

Melihat banyaknya potensi wisata alam, lanjut Teguh, semua pengelolaan mendapat fasilitas pembinaan. Terutama untuk menjaga kelestarian hutan dan alam kawasan Gunung Ciremai.

"Bentuk pelestarian alam dan hutan, itu biasa kita lakukan dengan program reboisasi atau penanaman ulang tanaman endemik atau tanaman asli. Kita biasa tanam pohon itu jenis huru dan salam, namun tidak menutup kemungkinan banyak jenis pohon lainnya yang kita tanam juga," katanya.

Seke\adar informasi, lokasi wisata alam yang  dikelola oleh PDAU Kuningan itu meliputi objek wisata alam Balong Kramat di lingkungan Makam Pahlawan yang berada di Desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana. Kemudian, ada objek wisata Talaga Remis di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, pemandian umum alias kolam renang di Kelurahan Cigugur, serta objek wisata bumi perkemahan Palutungan dan Cibunar. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved