Breaking News:

Kepsek Tegaskan SMPN 1 Sumber Cirebon Siap Laksanakan PTM 100 Persen

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon telah memutuskan bahwa PTM tetap digelar terbatas dan maksimal diikuti 50 persen siswa.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCIrebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kepala SMPN 1 Sumber, Didin Jaenudin. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Kepala SMPN 1 Sumber, Didin Jaenudin, menegaskan, sekolah yang dipimpinnya siap melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang diikuti seluruh siswa.

Namun, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon telah memutuskan bahwa PTM tetap digelar terbatas dan maksimal diikuti 50 persen siswa.

Padahal, secara regulasi pelaksanaan PTM 100 persen yang diikuti seluruh siswa dapat dibuka di Kabupaten Cirebon yang kini berstatus PPKM level 1.

"Kami menaati kebijakan dari Disdik untuk melaksanakan PTM terbatas meski dari segi kesiapan sangat siap (PTM 100 persen," kata Didin Jaenudin saat ditemui di di SMPN 1 Sumber, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (7/1/2022).

Baca juga: Wali Kota Cirebon Setuju PTM 100 Persen Dibuka, tapi Berikan Catatan Ini

Baca juga: Sekda Tegaskan Pemkot Cirebon Belum Putuskan Memulai PTM 100 Persen, Ini Alasannya

Namun, pihaknya pun mengambil kebijakan untuk menerapkan PTM terbatas yang dihadiri 1056 siswa SMPN 1 Sumber.

Ia mengatakan, skemanya para siswa akan dibagi dalam dua sif. Setiap sif dihadiri 50 persen siswa sehingga mereka datang ke sekolah setiap harinya.

Bahkan, menurut Didin, SMPN 1 Sumber sengaja mengurangi durasi satu jam pelajaran yang semula 40 menit menjadi 20 menit.

"Secara aturan, kebijakan seperti ini diperbolehkan. Nantinya, sif pertama dimulai pukul 07.00 WIB - 10.00 WIB dan sif kedua pukul 11.00 WIB - 13.00 WIB," ujar Didin Jaenudin.

Didin menyampaikan, kebijakan tersebut dibuat untuk membuktikan kesiapan SMPN 1 Sumber dalam melaksanakan PTM 100 persen.

Kesiapan itu pun dibuktikan dengan capaian vaksinasi Covid-19 bagi guru dan siswa SMPN 1 Sumber yang hingga kini mencapai lebih dari 90 persen.

Selain itu, sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan juga telah tersedia. Di antaranya, termometer di gerbang sekolah, wastafel, hand sanitizer di sejumlah titik dan lainnya.

"Kami juga mengevaluasi PTM terbatas melalui pemeriksaan swab terhadap guru dan siswa. Alhamdulillah, sejauh ini tidak ditemukan ada yang terpapar Covid-19," kata Didin Jaenudin.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved