Breaking News:

Begini Nasib Penghuni Rumah Dua Lantai di Pemukiman Padat Kota Sukabumi yang Hangus Kebakaran

Rumah dua lantai yang terbakar rumah di Jalan Tipar, Gang Nakula Kota Sukabumi, itu dihuni oleh dua Kepala Keluarga (KK) dengan sembilan jiwa.

Editor: dedy herdiana
Dok. Damkar Kota Sukabumi
Sebuah rumah dua lantai di kawasan padat penduduk di Jalan Tipar, Gang Nakula, Kota Sukabumi, hangus kebakaran, Rabu (5/1/2022) malam. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Rumah dua lantai yang terbakar rumah di Jalan Tipar, Gang Nakula RT.05, RW.01, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, itu dihuni oleh dua Kepala Keluarga (KK) dengan sembilan jiwa.

Kini semua penghuni akhirnya memutuskan mengungsi, Rabu (5/1/2022) malam.

Pasalnya rumah dua lantai di permukiman padat penduduk tersebut, yang terbakar isi rumahnya sebagian hangus terbakar, akibat dari konsleting listrik.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Imran Wardhani mengatakan bahwa seluruh isi harta benda korban yang berada di lantai dua hangus terbakar. 

"Penghuni rumah berjumlah dua Kepala Keluarga (KK) dengan sembilan jiwa, saat ini mengungsi di rumah kerabatnya karena mengalami kerusakan rumah akibat terbakar api," jelasnya kepada Tribunjabar.id.

Baca juga: Rumah Dua Lantai di Pemukiman Padat Kota Sukabumi Hangus Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Pihak keluarga sejauh ini, tengah menyelamatkan barang-barang berharga lainnya yang berada di lantai satu untuk dan barang yang berada di lantai dua yang masih dianggap layak pakai.

"Sementara barang-barang yang ada dan masih bermanfaat telah dievakuasi dan diamankan," ujar Imran.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Sudrajat mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari warga sekira pukul 19.35 WIB  langsung meluncur ke lokasi dan tiba pada pukul 19.47 WIB. 

"Rumah milik Hedi Suryadi pada waktu terjadi kebakaran sekitar pukul 19.30 WIB, keadaan kosong karena pemilik rumah sedang ada keperluan keluarga," ujarnya kepada Tribunjabar.id, 

Baca juga: KRONOLOGI Anak 5 Tahun Disekap, Dirantai, Ditemukan Saat Rumahnya Kebakaran di Sumedang, Kata Pak RT

Sudarajat menerangkan, banguan rumah area yang terbakar seluas 3x6 meter dengan nilai aset keseluruhan Rp200 juta dan nilai aset kerugian Rp100 juta serta aset yang terselamatkan rumah di sekitar titik kebakaran yang padat penduduk

"Tidak ada korban luka maupun jiwa karena penangan dengan cepat dari tim BPBD. Namun kebakaran diduga dari konsleting listrik," ucapnya.

Sudrajat mengatakan, bahwa jaringan listrik yang ada di dalam pemukiman padat penduduk tersebut tidak teratur sehingga rawan terjadi korsleting listrik.

"Kesebrautan kabel alus lustrik ini salah satu indikator penyebab terjadinya kebakaran," pungkasnya.

Baca juga: BIADAB! Bocah 5 Tahun di Sumedang Disekap dan Dirantai di Kamar, Diselamatkan Warga Saat Kebakaran

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved