Breaking News:

Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru 2022, Ribuan Kendaraan Lintasi GT Palimanan Tol Cipali

Puncak arus balik libur Tahun Baru di GT Palimanan Tol Cipali diprediksi berlangsung pada Minggu (2/1/2022) siang hingga Senin (3/1/2022) dinihari.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kendaraan melintasi GT Palimanan Tol Cipali, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Minggu (2/2/2021) malam. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Puncak arus balik libur Tahun Baru di GT Palimanan Tol Cipali diprediksi berlangsung pada Minggu (2/1/2022) siang hingga Senin (3/1/2022) dinihari.

Ribuan kendaraan yang melintasi gerbang tol tersebut didominasi dari arah Jawa Tengah menuju DKI Jakarta. Petugas gabungan tampak bersiaga mengatur arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel, mengatakan, lonjakan volume kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di GT Palimanan Tol Cipali mulai terasa sejak Minggu siang.

Namun, menurut dia, arus lalu lintas dipastikan ramai lancar meski sempat terjadi di gardu tol untuk lajur yang mengarah ke Ibu Kota akibat lonjakan volume kendaraan meningkat signifikan.

"Dari Minggu siang hingga sore terjadi lonjakan volume kendaraan di GT Palimanan, tapi semuanya masih dalam kendali petugas di lapangan," ujar M Alan Haikel saat ditemui di GT Palimanan Tol Cipali, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Minggu (2/2/2021) malam.

Ia mengatakan, hingga pukul 22.00 WIB arus lalu lintas di GT Palimanan Tol Cipali mulai melandai dan antrean di gardu tol hanya mencapai tiga sampai empat kendaraan.

Saat ini, pengelola jalan tol membuka 15 gardu untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta, dan arah sebaliknya dibuka tujuh gardu, karena banyaknya pengemudi yang datang dari arah Jawa Tengah.

Pihaknya pun masih menyiagakan personel di GT Palimanan Tol Cipali untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada puncak arus balik libur Tahun Baru 2022.

"Sesuai prediksi Ditlantas Polda Jabar dan Korlantas Mabes Polri bahwa puncak arus balik libur Tahun Baru 2022 terjadi pada hari ini, sehingga kami sudah menyiapkan antisipasinya," kata M Alan Haikel.

Alan menyampaikan, kesiapan personel dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan membuat arus lalu lintas di jalur tol hingga rest area berjalan lancar serta tidak ada penumpukan arus.

Jajarannya juga berkoordinasi dengan Polres sekitar dan Polda Jawa Tengah untuk menyiapkan langkah antisipasi manakala terjadi lonjakan arus kendaraan yang cukup signifikan.

"Dari laporan yang kami terima, saat ini arus kendaraan di GT Kalikangkung juga mulai landai, sehingga diperkirakan volume kendaraan di GT Palimanan berangsur normal dalam beberapa jam ke depan," ujar M Alan Haikel.

Selain itu, personel gabungan juga disiagakan di jalur arteri wilayah hukum Polresta Cirebon untuk mengantisipasi lonjakan pengendara sepeda motor yang mengarah ke DKI Jakarta.

"Saat ini, arus kendaraan di jalur arteri juga meningkat, tapi sudah diantisipasi sehingga arus lalu lintas berjalan lancar dan dalam kendali petugas," ujar M Alan Haikel.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved