Breaking News:

Bupati Cirebon Minta Wacana Pengambilan 6 Kecamatan Kabupaten Cirebon Dihentikan, Ini Alasannya

batas wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon telah diatur dalam Pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 141 Tahun 2017.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kanan) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, meminta wacana pengambilalihan enam kecamatan Kabupaten Cirebon ke Kota Cirebon disetop.

Sebab, menurut dia, batas wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon telah diatur dalam Pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 141 Tahun 2017.

Karenanya, ia meminta semua pihak dalam menyikapi wacana tersebut semua pihak harus mengembalikan kepada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, saat menyampaikan sambutan dalam Mukab VII Kadin Kabupaten Cirebon di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (27/10/2021)
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, saat menyampaikan sambutan dalam Mukab VII Kadin Kabupaten Cirebon di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (27/10/2021) (TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

"Permendagri secara tegastelah mengatur bahwa batas wilayah Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon, artinya regulasinya jelas," kata Imron Rosyadi saat ditemui di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Sabtu (1/1/2021).

Ia mengatakan, sebagai negara hukum maka setiap warga negara wajib menghormati ketetapan hukum tentang batas wilayah yang telah ditetapkan.

Selain itu, Permendagri tersebut mengatur batasan wilayah sehingga legalitas yuridisnya sangat tegas dan harus dipatuhi oleh semua pihak.

Pihaknya pun berharap, ke depannya wacana-wacana pengambilalihan wilayah Kabupaten Cirebon ke Kota Cirebon tidak perlu mengemuka lagi.

Baca juga: 6 Kecamatan di Kabupaten Cirebon akan Masuk ke Wilayah Kota Cirebon, Ini Respon Wali Kota Nasrudin

"Jadi, enggak usah rame-rame lagi, karena sesuai batas wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon telah diatur dalam peraturan perundang-undangan," ujar Imron Rosyadi.

Namun, Imron sangat terbuka dan mempersilakan jika Pemkot Cirebon ingin mengembangkan enam kecamatan di Kabupaten Cirebon tersebut.

Asalkan pengembangan wilayah enam kecamatan itu tidak diikuti wacana pengambilalihan dalam rangka perluasan wilayah Kota Cirebon.

"Silakan saja dan bisa dilakukan bersama, sehingga Pemkot dan Pemkab Cirebon dapat berkolaborasi untuk membangun dan memajukan Jawa Barat," kata Imron Rosyadi.

Diberitakan sebelumnya, qacana perluasan wilayah Kota Cirebon bergulir dalam rapat bersama DPRD Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota pada Selasa (28/12/2021).

Dalam rapat itu, Komisi I DPRD Kota Cirebon meminta penjelasan dari Polres Cirebon Kota terkait wilayah hukumnya yang mencakup enam kecamatan Kabupaten Cirebon.

Di antaranya, Kecamatan Gunungjati, Kecamatan Suranenggala, Kecamatan Kapetakan, Kecamatan Mundu, Kecamatan Kedawung, dan Kecamatan Tengahtani.

Baca juga: 6 Kecamatan Bakal Diambil Kota Cirebon, Begini Respons Bupati Mengenai Wacana Perluasan Kota Cirebon

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved