Breaking News:

Perluasan Wilayah Kota Cirebon

6 Kecamatan di Kabupaten Cirebon akan Masuk ke Wilayah Kota Cirebon, Ini Respon Wali Kota Nasrudin

terkait peluang perluasan wilayah administrasi Kota Cirebon yang disampaikan dalam rapat kerja bersama Polres Cirebon Kota, ini kata Wali Kota

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, meminta semua pihak bijak dalam menyikapi wacana perluasan Kota Cirebon.

Ia berharap, seluruh pemangku kebijakan di Cirebon selalu mengedepankan semangat harmonisasi untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

"Dalam pandangan saya, jika semangatnya adalah untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat, maka kita perlu memiliki pandangan yang luas," ujar Nasrudin Azis kepada Tribuncirebon.com, Sabtu (1/1/2022).

Ia mengatakan, semangat itu pun harus dimiliki oleh segenap penyelenggara pemerintahan di wilayah Cirebon meski ada batas wilayah administrasi daerah.

Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis (kiri).
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis (kiri). (TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Namun, menurut dia, seluruhnya masih berada di bawah naungan NKRI, dan lebih spesifik lagi sama-sama berada di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Namun, pihaknya mengapresiasi pendapat DPRD Kota Cirebon terkait peluang perluasan wilayah administrasi Kota Cirebon yang disampaikan dalam rapat kerja bersama Polres Cirebon Kota beberapa waktu lalu.

"Mengenai wacana tersebut, saya kira kita sebagai penyelenggara pemerintahan harus menyikapinya secara bijak dan arif," kata Nasrudin Azis.

Pasalnya, apa yang disampaikan Wakil Rakyat di DPRD Kota Cirebon didasarkan pada semangat untuk memberi kemudahan akses pelayanan bagi masyarakat.

Baca juga: 6 Kecamatan Bakal Diambil Kota Cirebon, Begini Respons Bupati Mengenai Wacana Perluasan Kota Cirebon

Azis menyampaikan, untuk merealisasikan wacana tersebut juga tentunya membutuhkan proses yang tidak singkat karena mekanismenya melibatkan unsur pemerintahan yang lebih tinggi tingkatannya.

"Termasuk menyikapinya secara arif dan bijaksana dari pimpinan daerah, baik Kota Cirebon maupun daerah sekitarnya," ujar Nasrudin Azis.

Diberitakan sebelumnya, wacana perluasan wilayah Kota Cirebon mencuat dalam rapat bersama DPRD Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota pada Selasa (28/12/2021).

Dalam rapat itu, Komisi I DPRD Kota Cirebon meminta penjelasan dari Polres Cirebon Kota terkait wilayah hukumnya yang mencakup enam kecamatan Kabupaten Cirebon.

Di antaranya, Kecamatan Gunungjati, Kecamatan Suranenggala, Kecamatan Kapetakan, Kecamatan Mundu, Kecamatan Kedawung, dan Kecamatan Tengahtani.

Namun, hingga kini belum ada pembicaraan khusus mengenai wacana tersebut bersama pemerintah daerah baik Kota maupun Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Kembali Muncul Isu Provinsi Cirebon Raya, Ketua DPRD Kuningan Bersikap Begini

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved