Breaking News:

Kasus Polisi Penyabu

Mirip Kasus Kompol Yuni, Kapolsek Sepatan Juga Nyabu Bareng Anak Buah, Ditangkap Propam Lalu Dicopot

Mirip dengan kasus Kompol Yuni, Kapolsek Sepatan Kota Tangerang, AKP Oky Bekti Wibowo juga terjerat narkoba. Ia mengonsumsi sabu-sabu bareng anak buah

Editor: Machmud Mubarok
Ilustrasi Grafis/Tribun-Video.com
Ilustrasi Polisi 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Rupanya masih ada anggota kepolisian yang tidak jera dengan jerat hukum. Padahal sudah banyak yang jadi contoh. Seperti mantan Kapolsek Astanananyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi yang terlibat pesta narkoba di sebuah hotel awal tahun ini. Harus menanggung akibat dipecat dari keanggotaan sebagai polisi.

Mirip dengan kasus Kompol Yuni, Kapolsek Sepatan Kota Tangerang, AKP Oky Bekti Wibowo juga terjerat narkoba. Ia mengonsumsi sabu-sabu bareng anak buahnya, Brigadir Robi Cahyadi.

Pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba oleh Kapolsek Sepatan AKP Oky Bekti Wibowo berawal dari penyelidikan anak buahnya yang bolos dinas. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, salah satu anggotanya bernama Brigadir Roby Cahyadi tidak menjalankan tugas pengamanan malam Natal 2021.

Baca juga: SOSOK Kompol Yuni Purwanti Mantan Kapolsek Astanaanyar yang Dipecat, Pernah Disebut Mirip Luna Maya

Bidang Profesi dan Pengamanan ( Propam) Polda Metro Jaya yang mengetahui pelanggaran itu langsung mencari keberadaan Roby dan menyelidiki aktivitasnya.

"Yang bersangkutan tidak berada di tempat pengamanan yang semestinya. Semestinya berada di Pospam Gereja Santa Maria, Daan Mogot, Kota Tangerang," ujar Zulpan kepada wartawan, Rabu (29/12/2021).

Saat itu, kata Zulpan, Roby ditemukan berada di salah satu tempat di wilayah DKI Jakarta. Tidak dijelaskan secara rinci tempat yang dimaksud tersebut. 

Propam kemudian memeriksa Roby secara intensif, dan langsung melakukan tes urin. Hal itu dilakukan karena Propam mencurigai adanya dugaan penyalahgunaan narkoba oleh Roby.

"Propam Polres Metro Tangerang Kota akhirnya ditemukan tidak dalam keadaan tugas. Dilakukan pemeriksaan tes urin ternyata positif," kata Zulpan.

Baca juga: Dirkrimum Polda Jabar Jelaskan Penanganan Kasus Subang Hingga Polisi Bisa Bikin Sketsa Wajah Pelaku

Dari situ, Propam melakukan pengembangan dan mengetahui bahwa penyalahgunaan narkoba yang dilakukan Roby melibatkan Oky selaku pimpinannya.

Zulpan menyebut, Propam Polda Metro Jaya akhirnya turun tangan memeriksa Kapolsek Sepatan AKP Oky Bekti Wibowo secara intensif dan melakukan tes urine. Hasilnya, Oky juga dinyatakan positif mengonsumsi sabu.

Kini, Oky dan Roby telah dicopot dari jabatannya untuk kepentingan pemeriksaan. Dari hasil penyelidikan sementara, keduanya diketahui sebagai pengguna sabu aktif.

Propam Polda Metro Jaya masih mendalami motif kedua polisi itu mengonsumsi narkoba dan mengusut asal obat-obatan terlarang tersebut.

"Jadi dua-duanya anggota maupun Kapolsek sudah ditarik ke Polda dengan posisi non-job, serta dalam pemeriksaan dan ditahan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Penangkapan Kapolsek Sepatan yang Terjerat Narkoba, Berawal Dari Anak Buah Bolos Tugas Malam Natal", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/12/29/20294051/kronologi-penangkapan-kapolsek-sepatan-yang-terjerat-narkoba-berawal-dari?page=all#page2.
Penulis : Tria Sutrisna
Editor : Ivany Atina Arbi


Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved