Breaking News:

6 Kecamatan Bakal Diambil Kota Cirebon, Begini Respons Bupati Mengenai Wacana Perluasan Kota Cirebon

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, pun tampaknya menanggapi wacana tersebut secara santai meski enam kecamatan Kabupaten Cirebon bakal diambil alih

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, saat menyampaikan sambutan dalam Mukab VII Kadin Kabupaten Cirebon di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (27/10/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Wacana perluasan wilayah Kota Cirebon bergulir dalam rapat bersama DPRD Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota pada Selasa (28/12/2021).

Dalam rapat itu, Komisi I DPRD Kota Cirebon meminta penjelasan dari Polres Cirebon Kota terkait wilayah hukumnya yang mencakup enam kecamatan Kabupaten Cirebon.

Di antaranya, Kecamatan Gunungjati, Kecamatan Suranenggala, Kecamatan Kapetakan, Kecamatan Mundu, Kecamatan Kedawung, dan Kecamatan Tengahtani.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, pun tampaknya menanggapi wacana tersebut secara santai meski enam kecamatan Kabupaten Cirebon bakal diambil alih ke Kota Cirebon.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kanan)
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kanan) (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

"Silakan saja, kalau perlu sekalian kecamatan lain di wilayah timur Kabupaten Cirebon juga biar makin luas," kata Imron Rosyadi saat ditemui di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (29/12/2021).

Bahkan, Imron juga mempersilakan jika pengambilalihan sebagian wilayah Kabupaten Cirebon ke Kota Cirebon itu pun merambah dalam kepemilikan Pendopo Bupati Cirebon.

Ia menegaskan respons tersebut merupakan pendapat pribadinya.

Namun, sebagai kepala daerah ia menyarankan agar wacana itu menempuh prosedur dahulu.

Di antaranya, menyusun kajian ilmiah mengenai dampak pengambilalihan enam kecamatan hingga regulasi yang harus ditempuh di kementerian terkait.

Namun, saat ditanya perihal kesediannya selaku kepala daerah tentang wacana enam kecamatan diambil Kota Cirebon Imron sendiri tidak menjawabnya.

Pihaknya hanya mengaku belum menerima surat pemberitahuan apa pun dari DPRD Kota Cirebon yang pertama kali menggulirkan wacana perluasan wilayah itu.

"Surat pemberitahuan atau tembusan juga belum ada. Saya belum menerimanya, kalau benar seharusnya ada suratnya," ujar Imron Rosyadi.

Baca juga: OJK Cirebon Targetkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kuningan Terbentuk Tahun Depan

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved