Breaking News:

Pengendara Asal Luar Daerah yang Mau Masuk Kota Cirebon Diperiksa Kartu Vaksin Covid-19 & Rapid Test

Sejumlah pengendara asal luar daerah tampak disetop untuk diperiksa kartu vaksinasi Covid-19 di Pos Pengamanan

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas saat memeriksa kartu vaksin Covid-19 di Pos Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2021 Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Sejumlah pengendara asal luar daerah tampak disetop untuk diperiksa kartu vaksinasi Covid-19 di Pos Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2021 Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/12/2021).

Petugas gabungan terlihat memberhentikan pengemudi mobil dan motor berpelat nomor selain E untuk memastikan mereka telah divaksin.

Selain itu, petugas juga tampak mengecek kelengkapan surat negatif Covid-19 dari hasil pemeriksaan rapid test antigen sebagai salah satu syarat perjalanan keluar daerah.

Baca juga: Kendaraan Besar dari Arah Jawa Tengah Menuju Jakarta Dialihkan Keluar GT Palimanan 4 Tol Palikanci

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, pemeriksaan itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Petugas saat memeriksa kartu vaksin Covid-19 di Pos Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2021 Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/12/2021).
Petugas saat memeriksa kartu vaksin Covid-19 di Pos Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2021 Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/12/2021). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Menurut dia, pemeriksan tersebut dilaksanakan di empat titik perbatasan Kota Cirebon selama masa Operasi Lilin Lodaya 2021.

"Ada empat titik pemeriksaan, yakni Kedawung, Krucuk, Kalijaga, dan Penggung," ujar M Fahri Siregar saat ditemui di Pos Pengamanan Kedawung, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Cegah Kerumunan Malam Tahun Baru, Sejumlah Ruas Jalan Menuju Alun-Alun Kejaksan Cirebon Akan Ditutup

Ia memastikan hingga kini tidak ditemukan pengendara yang hasil pemeriksaan rapid test antigennya dinyatakan reaktif Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan pemeriksaan rapid test antigen bagi pengendara yang masa berlaku suratnya telah habis.

"Surat keterangan rapid test antigen ini hanya berlaku 1 × 24 jam, sehingga kami siapkan pemeriksaannya secara acak," kata M Fahri Siregar.

Fahri mengatakan, Dinas Kesehatan juga menyiapkan pelayanan vaksinasi Covid-19 di empat pos pengamanan yang berada di perbatasan Kota Udang.

Jika ditemukan pengendara yang belum divaksin dosis pertama maupun kedua, maka mereka bisa langsung disuntik vaksin Covid-19 di pos tersebut.

"Kami juga menyosialisasikan bahwa masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk mengunjungi mal, restoran, hotel, maupun obyek wisata di Kota Cirebon," ujar M Fahri Siregar.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved