Breaking News:

Sedekah Bumi di Desa Paderek Sebagai Warisan Budaya, Ini Penjelasannya Orang Nomor Dua Kuningan

Sedekah Bumi merupakan warisan budaya dan adat peninggalan leluhur terdahulu yang wajib dilestarikan bagi seluruh komponen masyarakat. 

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Humas Pemkab Kuningan
Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda di sela acara Sedekah Bumi, di Desa Padarek, Kecamatan Kuningan, Minggu (26/12/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Sedekah Bumi merupakan warisan budaya dan adat peninggalan leluhur terdahulu yang wajib dilestarikan bagi seluruh komponen masyarakat. 

"Tradisi Sedekah Bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat yang sudah berlangsung secara turun temurun sekaligus sebagai wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa," ungkap Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda di sela acara Sedekah Bumi, di Desa Padarek, Kecamatan Kuningan, Minggu (26/12/2021).

Edo, sapaan HM Ridho Suganda ini, menjelaskan bahwa sebagian lahan di Kabupaten Kuningan didominasi oleh hutan dan pertanian. Lebih dari separuh lahan yang ada di Kabupaten Kuningan merupakan lahan pertanian produktif.

"Artinya, lahan di Kabupaten Kuningan berpotensi menjadi sumber penghidupan masyarakat. Melihat hal tersebut, saya meyakini, Kabupaten Kuningan bisa menjadi sentra pangan, jika lahan pertaniannya dapat dikelola dengan baik," ujarnya. 

Baca juga: Manajemen Hotel Melati di Kuningan Tanggapi Video Wanita Hanya Pakai CD Keluar Hotel, Begini Katanya

Baca juga: Dendam Pribadi Sang Residivis di Karawang, Bacok Dua Pria di Warung, Seorang Tewas dan Satu Kritis

Wujud ini menjadi salah satu cita-cita terbesar, kata Edo mengemuka saat menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai sentra pangan di Jawa Barat. Untuk itu warga dapat mengelola lahan pertaniannya dengan baik.

"Anak-anak muda juga jangan malu untuk menjadi petani, karena profesi sebagai petani adalah profesi yang sangat mulia dan menjanjikan,” katanya.

Edo meminta masyarakat untuk tetap mempertahankan kelestarian alam dan lingkungan, karena alam merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Terlebih Kuningan telah berkomitmen menjadikan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi. "Untuk itu, mari kita pertahankan konservasi dan pertanian sebagai sumber kehidupan kita semua,” ujarnya.

Di tempat sama Kepala Desa Padarek Yoyo Supriadiningrat mengemukakan, acara Sedekah Bumi merupakan agenda rutin tahunan Pemdes dan masyarakat, yang dilaksanakan menjelang musim tanam padi.

"Sedekah Bumi merupakan tradisi masyarakat yang dilakukan secara turun-temurun dari nenek moyang selama puluhan tahun. Tradisi sedekah bumi ini salah satu peninggalan leluhur dalam rangka mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan berupa hasil pertanian. Sekaligus sebagai upaya kami, dalam menjalin silaturahmi diantara masyarakat Desa Padarek,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved