Breaking News:

Kendaraan Besar dari Arah Jawa Tengah Menuju Jakarta Dialihkan Keluar GT Palimanan 4 Tol Palikanci

Sejumlah kendaraan besar yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di jalur tol pun dikeluarkan dari GT Palimanan 4 Tol Palikanci Cirebon

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas saat mengalihkan kendaraan besar ke jalur arteri di GT Palimanan 4 Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon, Senin (27/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Petugas gabungan tampak mengalihkan kendaraan besar sumbu tiga ke atas ke jalur arteri, Senin (27/12/2021).

Sejumlah kendaraan besar yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di jalur tol pun dikeluarkan dari GT Palimanan 4 Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, kebijakan itu diberlakukan sejak Minggu (26/12/2021) hingga hari ini pukul 10.00 WIB.

Menurut dia hal itu untuk mengurangi beban Tol Cipali sehingga pertemuan arus kendaraan dari arah Jawa Tengah dan Bandung menuju Jakarta di Tol Cikampek dapat terkendali.

"Jadi, jalur tol bagi kendaraan pribadi dan angkutan penumpang saja, karena kendaraan besar dialihkan ke jalur arteri," kata Arif Budiman saat ditemui di GT Palimanan 4 Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon, Senin (27/12/2021).

Ia mengatakan, pengalihan arus itu berlaku bagi kendaraan besar angkutan barang sumbu tiga ke atas, angkutan barang dengan kereta tempelan dan gandengan, serta angkutan barang yang mengangkut bahan galian atau tambang.

Pihaknya juga telah menyiagakan personel gabungan di sepanjang jalur arteri wilayah Kabupaten Cirebon untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas imbas dari pengalihan arus kendaraan besar ke jalur arteri.

"Sampai saat ini situasi masih normal dan lancar. Petugas gabungan juga sudah disiagakan di jalur-jalur yang dilalui kendaraan besar itu," ujar Arif Budiman.

Arif menyampaikan, kebijakan tersebut berdasarkan ketetapan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dalam rangka antisipasi lonjakan arus kendaraan di masa libur Natal 2021.

Namun, tidak semua kendaraan besar sumbu tiga ke atas dilarang melintasi jalur tol karena beberapa angkutan barang diperkenankan melintas.

Kendaraan besar yang mengangkut kebutuhan pokok masyarakat seperti sembako, air minum kemasan, BBM, BBG, pupuk, dan lainnya masih diperkenankan melewati jalur tol.

"Kendaraan besar yang dialihkan ke jalur arteri ialah angkutan pengangkut hasil tambang dari mulai batu, pasir, tanah, dan sejenisnya," kata Arif Budiman.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved