Breaking News:

Bupati Majalengka Minta BBWS Tanggap Soal Ancaman Erosi Puluhan Rumah di Desa Ampel

Seperti diketahui, di desa tersebut terjadi luapan Sungai Cimanuk yang berhasil merobohkan tiga unit rumah dan mengancam 50 rumah lainnya.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Kondisi 3 rumah warga yang ambruk akibat erosi sungai Cimanuk di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Sabtu (25/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Bupati Majalengka, Karna Sobahi menanggapi soal adanya ancaman erosi terhadap puluhan rumah di Desa Ampel, Kecamatan Ligung.

Seperti diketahui, di desa tersebut terjadi luapan Sungai Cimanuk yang berhasil merobohkan tiga unit rumah dan mengancam 50 rumah lainnya.

Menurut orang nomor satu di Majalengka itu, kewenangan menanggulangi ancaman tersebut ada di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

"Untuk BBWS ya, untuk pengamanan sungai-sungai yang ada di Majalengka ini. Karena itu kan kewenangan BBWS. Itu persoalannya. Anggarannya bukan di kita," ujar Karna saat ditemui di salah satu hotel di Majalengka, Senin (27/12/2021).

Oleh sebab itu, pihaknya hanya bisa mengusulkan atas apa yang terjadi di Desa Ampel.

Kondisi 3 rumah warga yang ambruk akibat erosi sungai Cimanuk di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Sabtu (25/12/2021).
Kondisi 3 rumah warga yang ambruk akibat erosi sungai Cimanuk di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Sabtu (25/12/2021). (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

Pihaknya juga telah mengirim surat sebagai bentuk usulan agar segera ditangani.

"Kita hanya bisa usul,dan iya, iya, iya. Karena kita pengalaman waktu di Jatitujuh kan. Konsekwensinya karena erosi itu masyarakat harus dipindah. Kita meng-ada-kan lahan. Itu akibat sungai kan."

"Sudah kirim surat untuk menangani yang di Ligung itu. Sekarang kan musim hujan baru awal, curah hujannya belum tinggi," ucapnya.

Selain itu, Karna menyarankan, agar pihak terkait terus melakukan pemeliharaan secara berkala.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved