Breaking News:

Jelang Natal, Unit Jibom Satbrimob Polda Jabar Sterilisasi Sejumlah Gereja di Kota Cirebon

sterilisasi tersebut dalam rangka Operasi Lilin Lodaya 2021 yang bertujuan memastikan keamanan saat pelaksanaan ibadah Natal.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas Unit Jibom saat melakukan sterilisasi di Gereja Bunda Maria, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (24/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Petugas Unit Penjinak Bom (Jibom) Satbrimob Polda Jabar melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kota Cirebon, Jumat (24/12/2021).

Di antaranya, Gereja Bunda Maria, Gereja Santo Yosef, GPdI Betlehem Cirebon, GSPDI Filadefia Cirebon, dan lainnya.

Mereka tampak memeriksa setiap sudut gereja yang akan digunakan untuk ibadah Hari Raya Natal yang dimulai pada sore ini.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, sterilisasi gereja tersebut berlangsung sejak Kamis (23/12/2021) kemarin.

Baca juga: KKB Papua Berani Ancam Jokowi dan Minta Hadiah Natal Lewat Surat Terbuka, Begini Isi Suratnya

Baca juga: Nih Kumpulan Ucapan Selamat Natal untuk Orang Terdekat, Tinggal Pilih Kata yang Cocok lalu Copas

Menurut dia, sterilisasi tersebut dalam rangka Operasi Lilin Lodaya 2021 yang bertujuan memastikan keamanan saat pelaksanaan ibadah Natal.

"Sterilisasi dilaksanakan di seluruh gereja dan lokasi yang dijadikan tempat ibadah Hari Raya Natal 2021," ujar M Fahri Siregar saat ditemui usai kegiatan.

Ia mengatakan, kegiatan itu untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas sehingga perayaan Natal di Kota Cirebon berjalan lancar.

Pihaknya mencatat, di wilayah hukum Polres Cirebon Kota terdapat 40 gereja dan tempat ibadah Natal pada tahun ini.

Selain itu, setiap tempat ibadah tersebut bakal dijaga oleh dua personel Polri sehingga totalnya terdapat 80-an personel yang disiagakan.

"Itu hanya personel Polri, belum termasuk petugas dari instansi terkait seperti Satpol PP dan TNI yang juga dilibatkan dalam pengamanan gereja," kata M Fahri Siregar.

Fahri memastikan, telah menyiapkan skenario pengamanan Natal di Kota Cirebon untuk mengantisipasi seluruh potensi gangguan kamtibmas.

Jajarannya juga telah meminta setiap pengelola gereja membentuk Satgas Covid-19 untuk memastikan penerapan ptotokol kesehatan selama pelaksanaan ibadah Natal.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved