Breaking News:

Mohon Maaf, Alun-alun Majalengka Akan Ditutup Saat Malam Tahun Baru, Ini Alasan Pemkab

Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan menutup kawasan alun-alun pada malam Tahun Baru 2022 untuk mengantisipasi kerumunan.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan menutup kawasan alun-alun pada malam Tahun Baru 2022 untuk mengantisipasi kerumunan.

Hal itu sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman mengatakan, penutupan alun-alun dilakukan pada 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022.

Ia menuturkan, kebijakan tersebut sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 66 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Mengingat kondisi sekarang masih menghadapi pandemi Covid-19, apalagi munculnya varian omicron yang penularannya lebih cepat, maka kegiatan yang mengundang kerumunan pada natal dan tahun baru diperketat," ujar Eman, Kamis (23/12/2021).

Ia menyebutkan, upaya pengetatan dilakukan dengan cara pembatasan atau rekayasa lalu lintas dilakukan mulai pukul 15.00 WIB pada 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polres Majalengka dalam rekayasa lalu lintas tersebut.

"Hal itu juga sesuai instruksi Bupati Majalengka yang mana jangan ada kerumunan di malam tahun baru," ucapnya.

Selanjutnya, pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan juga diterapkan di gereja dan tempat-tempat yang difungsikan sebagai tempat ibadah dan perayaan natal 2021.

Kemudian tempat perbelanjaan dan tempat wisata lokal.

Ia mengimbau masyarakat agar perayaan Tahun Baru 2022 sedapat mungkin dilakukan masing-masing atau bersama keluarga serta menghindari kerumunan.

Segala bentuk perayaan dengan pawai dan arak-arakan juga dilarang.

Ketentuan ini juga berlaku untuk pengelola pusat perbelanjaan atau mall.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan keluar daerah harus mengoptimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi serta memenuhi persyaratan perjalanan jarak jauh yang menggunakan alat transportasi umum," jelas dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved