Breaking News:

Syarat Lengkap Naik Kereta Api Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2022, Prokes Diterapkan Ketat

PT KAI Daop 3 Cirebon telah memulai angkutan Natal dan Tahun Baru 2022 pada akhir pekan ini hingga 4 Januari 2022.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas saat mengecek persyaratan penumpang sebelum naik kereta api di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (18/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon telah memulai angkutan Natal dan Tahun Baru 2022 pada akhir pekan ini hingga 4 Januari 2022.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, memastikan protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat selama periode tersebut.

Sebab, menurut dia, hal itu telah diatur dalam Surat Edaran Kemeterian Perhubungan (Kemenhub) RI Nomor 112 Tahun 2021.

"Ada persyaratan khusus bagi penumpang kereta api selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022," ujar Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Tiket Kereta Api Libur Nataru di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon Baru Terjual 30 Persen

Ia mengatakan, bagi penumpang kereta api jarak menengah dan jauh yang berusia lebih dari 17 tahun harus sudah divaksin lengkap hingga dosis kedua.

Sementara penumpang berusia 17 tahun ke atas yang belum menjalani vaksinasi Covid-19 hingga dosis kedua dilarang naik kereta api saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Bagi penumpang berusia 12 tahun - 17 tahun dapat naik kereta api pada masa tersebut minimal telah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Namun, penumpang yang tidak dapat divaksin karena mempunyai riwayat penyakit komorbid harus melampirkan surat keterangan dari rumah sakit atau dokter spesialis.

"Untuk penumpang berusia di bawah 12 tahun dikecualikan dari persyaratan vaksin, tapi harus melampirkan surat negatif Covid-19 dari pemeriksaan PCR yang berlaku tiga hari, dan harus didampingi orang tuanya" kata Suprapto.

Baca juga: Anda Mau Berwisata saat Libur Nataru? Akan Ada Rapid Test di 8 kawasan Objek Wisata Jabar Ini

Suprapto menyampaikan, bagi penumpang berusia di atas 12 tahun dapat melampirkan surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil pemeriksaan rapid test antigen maupun swab test PCR.

Selain itu, persyaratan penumpang yang akan naik kereta api lokal atau jarak dekat ialah telah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama, kecuali anak-anak usia di bawah 12 tahun.

Bahkan, para penumpang juga tidak memerlukan surat keterangan negatif Covid-19 dari pemeriksaan rapid test antigen maupun swab test PCR.

"Di wilayah KAI Daop 3 Cirebon ada KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan - Brebes - Tegal - Pekalongan - Semarang Poncol yang termasuk kategori kereta api jarak dekat," ujar Suprapto.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved