Breaking News:

Festival Mangga Pertama Kalinya Digelar di Indramayu, Kegiatan Ikonik yang Diharapkan Bisa Mendunia

Festival mangga untuk pertama kalinya digelar di Kabupaten Indramayu, Jumat (17/12/2021).

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Festival mangga yang digelar di kawasan wisata Kelurahan Bojongsari, Kecamatan/Kabupaten Indramayu 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Festival Mangga untuk pertama kalinya digelar di Kabupaten Indramayu, Jumat (17/12/2021).

Kegiatan tersebut digelar di kawasan wisata Kelurahan Bojongsari, Kecamatan/Kabupaten Indramayu pada hari ini dan besok.

Ketua panitia, Jay Krhesna mengatakan, Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah penghasil mangga terbesar di Indonesia.

Baca juga: Indramayu Bakal Gelar Festival Mangga, Banyak Produk Olahan Mangga Dipamerkan, Catat Tanggalnya 

Hanya saja, kata dia, walau memiliki julukan sebagai Kota Mangga, Kabupaten Indramayu belum memiliki kegiatan atau festival yang ikonik.

"Indramayu penghasil mangga terbesar di Indonesia, tetapi belum memiliki kegiatan ikonik yang mendunia, ini yang kita dorong," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Jay Krhesna meyakini, Festival Mangga di Kabupaten Indramayu bisa mendunia seperti festival-festival ikonik lain di berbagai daerah.

Festival mangga yang digelar di kawasan wisata Kelurahan Bojongsari, Kecamatan/Kabupaten Indramayu
Festival mangga yang digelar di kawasan wisata Kelurahan Bojongsari, Kecamatan/Kabupaten Indramayu (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Oleh karena itu, pihaknya juga mendorong kepada pemerintah daerah agar Festival Mangga bisa menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Sehingga, akan ada banyak pengunjung dari berbagai daerah dan luar negeri yang berbondong-bondong datang ke Indramayu melihat festival tersebut.

"Ini juga sebagai upaya peningkatan ekonomi, khususnya untuk UMKM dan berdampak juga pada Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujarnya.

Dalam festival tersebut, juga digelar lomba stand UMKM, serta pemilihan arjuna dan srikandi.

Mereka merupakan perwakilan dari setiap kecamatan. Tujuannya, agar potensi-potensi UMKM yang ada di Kabupaten Indramayu bisa muncul dan terserap oleh pemerintah.

"Pemilihan arjuna dan srikandi ini juga bertujuan agar mereka dapat mempromosikan atau menjadi promotor bagi UMKM kita," ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved