Breaking News:

Cegah Penyebaran Omicron, Pemkot Cirebon Perketat Akses Keluar Masuk dan Pengetatan Prokes

Pemkot Cirebon menyiapkan sejumlah antisipasi untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron telah dikonfirmasi masuk Indonesia

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemkot Cirebon menyiapkan sejumlah antisipasi untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron telah dikonfirmasi masuk Indonesia pada Kamis (16/12/2021) kemarin.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, sedikitnya ada dua langkah utama yang disiapkan, di antaranya pengetatan akses keluar masuk dan penerapan protokol kesehatan ketat.

Menurut dia, pengetatan akses tersebut dikarenakan varian Omicron berasal dari luar negeri, sehingga penjagaan pintu perbatasan Kota Udang akan diperketat.

Baca juga: Kasus Diduga Varian Omicron Terdeteksi Bukan Hanya Jakarta, Kabar Terbaru Sebut Ditemukan di Manado

"Terutama pada momen Natal dan Tahun Baru 2022," ujar Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat (17/12/2021).

Ia mengatakan, momen tersebut sangat krusial sehingga Pemkot Cirebon akan memaksimalkan upaya pencegahan untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19.

Bahkan, pihaknya bakal menyiapkan antisipasi sedini mungkin untuk mencegah munculnya kerumunan massa pada Natal dan Tahun Baru 2021.

Baca juga: Virus Corona Omicron Sudah Masuk Indonesia, Ridwan Kamil: Kuncinya Tetap Protokol Kesehatan

"Jangan sampai kasusnya melonjak saat Nataru, apalagi terdeteksi varian Omicron. Mudah-mudahan semuanya aman," kata Agus Mulyadi.

Agus menyampaikan, upaya lainnya adalah gencar mengingatkan masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dari mulai mencuci tangan, memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang sekitar, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Ia tidak menginginkan kasus yang melandai membuat kedisiplinan masyarakat mengendur, karena penyebaran varian Omicron sangat cepat.

"Kami ingatkan masyarakat jangan sampai lengah, karena pandemi Covid-19 belum berakhir, dan yang belum vaksin segera datang ke sentra vaksinasi terdekat," ujar Agus Mulyadi.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved