Breaking News:

Warga Kuningan Berburu Biawak yang Sering Memangsa Ikan di Kolam Milik Warga

Sejumlah warga di Kampung Ciloa di Desa Kertawinangun, Kecamatan Cidahu, Kuningan melakukan perburuan biawak di daerah aliran sungai sekitar.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Dadan, warga Kuningan saat berhasil menjinakkan biawak 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Sejumlah warga di Kampung Ciloa di Desa Kertawinangun, Kecamatan Cidahu, Kuningan, Jawa Barat, 

Hal itu dilakukan akibat sebelumnya diketahui sekumpulan binatang melata itu melakukan penyerangan terhadap sejumlah ikan di kolam milik warga setempat.

"Iya, setiap musim hujan di daerah kami sebanarnya tidak asing adanya ancaman biawak. Apalagi dalam beberapa hari kebelakang itu terlihat gerombolan biawak masuk kolam dan menghabiskan ikan dalam kol tersebut," kata Dadan (20) salah seorang warga setempat saat memberikan keterangan kepada Tribuncirebon.com, Kamis (16/12/2021).

Dia menjelaskan, kerugian akibat penyerangan biawak pada setiap kolam ikan warga sekitar. Diduga lebih besar dari kejadian tahun sebelumnya.

"Duh, kalau bicara kerugian mah banyak. Sebab hama biawak ini tiap tahun naik ke darat dan menyerang ikan," katanya.

Sebelum melakukan perburuan langsung, Dadan mengaku sempat melakukan antisipasi dari serangan masuknya hewan reptil tersebut.

Namun, usaha itu tetap belum memberikan kenyamanan dan keamanan pada pemilik kolam ikan, hingga akhirnya dilakukan perburuan.

"Ya sebelum berburu biawak. Kontruksi bangunan kolam sudah dibuat pencegahan agar biawak tak masuk kolam. Namun dengan berbagai cara tidak berhasil dan kami lakukan perburuan saja," katanya.

Dalam kesempatan perburuan saat ini, kata dia mengaku berhasil menangkap dan melumpuhkan sebanyak 4 ekor biawak.

"Hari ini kita mulai gerak dan berhasil membawa empat ekor biawak," kata Dadan lagi.

Melihat hasil perburuan biawak tak hidup, Dadan mengaku bahwa itu akan di jadikan pakan bagi ikan lele. "Ya kalau sudah mati begini, kita suka di kasihkan ke lele. Ya lumayan sebagai pakan saja," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved