Breaking News:

Pemkab Cirebon Bakal Siapkan Grand Desain Pembangunan Kependudukan, Sekda Minta Semua OPD Bergerak

Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon berencana membuat Grand Desain Pembangunan Kependudukan

Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno saat membuka acara Rapat Lanjutan Orientasi Penyusunan  Grand Desain Pembangunan Kependudukan di Kantor DPPKBP3A. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon berencana membuat Grand Desain Pembangunan Kependudukan. 

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno saat membuka acara Rapat Lanjutan Orientasi Penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan di Kantor DPPKBP3A.

Menurut Rahmat, data kependudukan menjadi kunci utama dalam Desain Pembangunan Kependudukan.

Sebab, pihaknya harus mengetahui secara rinci jumlah penduduk di Kabupaten Cirebon

"Kunci utama dalam Grand Desain ini adalah data. Sehingga nanti Disdukcapil melakukan analisa pertumbuhan penduduk di Kabupaten Cirebon, setiap tahun yang lahir berapa yang pindah dan yang datang berapa serta yang  meninggal berapa coba dianalisis," ujar Rahmat, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Pascabebas Bersyarat, Gotas Mantan Wabup Cirebon Harus Ikuti Bimbingan dan Wajib Lapor Hingga 2023

Rahmat mengatakan, dalam program Grand Desain Pembangunan Kependudukan ini tidak hanya dilakukan oleh satu lembaga saja.

Melainkan semua lembaga pemerintah harus ikut serta dalam program ini. 

"Pembangunan kependudukan itu perlu sinergi, sinkronisasi, harmonisasi seluruh unit kerja di Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon. Di Kabupaten Cirebon ini kendalanya ada di keyakinan data sehingga ketika kita bisa meyakini data itu, maka itu analisanya sudah akan benar. Ketika analisanya benar tentu programnya juga akan benar," ucapnya.

Namun demikian, kata Rahmat, dalam penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan perlu dilakukan beberapa perencanaan, agar hasilnya lebih maksimal. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved