Breaking News:

Koruptor Tambak Udang di Cirebon Serahkan Uang Pengganti Rp 27,4 Miliar

George Gunawan, terpidana kasus korupsi tambak udang di Kabupaten Cirebon menyerahkan uang pengganti Rp. 27,4 miliar ke Kejaksaan. 

ist
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - George Gunawan, terpidana kasus korupsi tambak udang di Kabupaten Cirebon menyerahkan uang pengganti Rp. 27,4 miliar ke Kejaksaan. 

Uang pengganti tersebut diserahkan ke Negara melalui Bank Mandiri, setelah diterima pusat pemulihan aset Kejaksaan Agung (Kejagung), bersama Kejasaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon.

Kelapa pusat penerangan hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, uang tersebut merupakan pengganti dari kasus korupsi pengadaan kegiatan percontohan budidaya tambak udang di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) pada 2012. 

"Terpidana George Gunawan merupakan Direktur PT Tambak Mas Makmur yang terlibat dalam kasus korupsi dana bantuan budidaya udang di Desa Bungko Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon tahun 2012," ujar Leonard, dalam keterangannya, Selasa (14/12/2021). 

George Gunawan, kata dia, terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam program revitalisasi tambak budidaya undang pada 2012. 

Saat itu, Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kalautan dan Perikanan, memberikan bantuan program kegiatan revitalisasi tambak usaha budidaya (Demfarm) udang berupa plastik mulsa, pompa, genset, kincir, benur dan pakan dengan dana dari APBN-P untuk lokasi Demfarm di Kabupaten Cirebon di Desa Bungko Lor Kecamatan Kapetakan seluas 245 hektare. 

PT Tambak Mas Makmur, kemudian ditunjuk menjadi mitra dalam program tersebut. 

"Dalam program ini, dibentuklah lebih kurang lima kelompok petambak yang bersedia revitalisasi tambak udang seluas 245 hektare," katanya. 

Belakangan, kata dia, baru diketahui bahwa kelompok petambak tersebut ternyata fiktif dan bukan petambak udang, tapi para karyawan perusahaan milik George Gunawan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved