Breaking News:

KEHANCURAN Akibat Angin Puting Beliung di Majalengka, 475 Rumah Terdampak, 39 Rusak Berat

Selain ratusan rumah rusak terdampak bencana angin puting beliung, juga terdapat bangunan fasilitas umum, mobil pribadi warga dan tempat beribadah y

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Angin puting beliung terjang 15 rumah dan kantor Kepala Desa Cibogor di Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Sabtu (11/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Jumlah rumah terdampak bencana angin puting beliung pada Sabtu (11/12/2021, di Kabupaten Majalengka wilayah Utara terdata mencapai 475 unit rumah.

Dari ratusan unit rumah terdampak ini, 39 unit rumah mengalami rusak berat.

Selain ratusan rumah rusak terdampak bencana angin puting beliung, juga terdapat bangunan fasilitas umum, mobil pribadi warga dan tempat beribadah yang rusak.

"Sampai hari ini terdata masyarakat terdampak berjumlah 43 kepala keluarga (KK) yang berjumlah 160 jiwa," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka, Iskandar Hadi saat menemani Bupati dalam meninjau dampak pohon tumbang di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Angin Puting Beliung Terjang Desa Sindangasih Sore Tadi, Beberapa Atap dan Garasi Rumah Rusak Parah

Baca juga: Belasan Rumah di Gegerbitung Sukabumi Disapu Angin Puting Beliung, Genting dan Rangka Berhamburan

Dia menuturkan, dari ratusan rumah terdampak bencana tersebut terdapat 39 unit rumah berkategori rusak berat.

Iskandar mengatakan, warga terdampak bencana akan segera mendapatkan bantuan dari Pemkab Majalengka dan instansi terkait lainnya.

"Bantuan ada sembako serta obat-obatan. Penyerahannya akan langsung oleh Pak Bupati, selepas dari sini (Kecamatan Leuwimunding)," ucap mantan Kasatpol PP ini.

Iskandar menyampaikan, kendati ada puluhan rumah masuk kategori rusak berat, saat ini tidak ada warga yang mengungsi.

Setelah kejadian, para warga langsung membereskan rumah yang rusak tersebut.

"Alhamdulillah, tidak ada yang mengungsi," jelas dia.

Untuk data saat ini, Senin (13/12/2021) menyebutkan, bencana angin puting beliung itu terjadi di delapan desa dari empat kecamatan.

Yakni, Desa Karanganyar Kecamatan Dawuan, Desa Panongan Kecamatan Jatitujuh, Desa Lojikobong Kecamatan Sumberjaya, Desa Kertasari, Desa Cibogor, Desa Leuweunghapit, Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung.

Jumlah kerusakan rumah terbesar di Desa Kertasari yang mencapai 252 unit rumah dan Desa Cibogor berjumlah 106 unit rumah.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved