Breaking News:

Cerita Bidan Desa Bantu Warga Melahirkan di Dusun Pugag Kuningan yang Harus Naik Turun Bukit

Bidan desa menyebut jumlah warga di Blok Pugag yang masuk Dusun Kujang Sari, itu ada terhitung sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK).

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
Tangkapan Video Warga
Ibu hamil yang mau melahirkan ditandu warga melewati perbukitan terjadi di  Kuningan, Jawa Barat. Data terhimpun bahwa kejadian itu berlangsung pada hari Rabu (7/12/2921) di Blok Pugag, Dusun Kujang Sari, Desa Kutawaringin, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Pengalaman menolong ibu hamil yang mau melahirkan di Dusun Pugag, Desa Kutawaringin, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, diakui bidan desa Siti Ismaya, bukan yang kali pertama.

"Mulai dari 2014 yang saya rasakan sudah lebih dari sekedar satu kejadian ibu hamil yang hendak melangsungkan persalinan. Mungkin ada 5- 7 kali ya?" ujar Siti Ismaya saat memberikan keterangan kepada Tribuncirebon.com, Senin (13/12/2021).

Bidan desa menyebut jumlah warga di Blok Pugag yang masuk Dusun Kujang Sari, itu ada terhitung sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK).

"Mungkin sekitar 20 Kepala Keluarga dan saya selalu berikan pelayanan saat ada warga membutuhkan pertolongan medis," katanya.

Menyinggung soal pengalaman lain, kata Siti Ismaya mengaku pada tahun tertentu sempat ada warga hendak melahirkan hingga melangsungkan persalinan di rumah tinggal warga setempat.

"Kejadian persalinan di rumah warga itu, karena akses jalan cukup jauh dan akhirnya saya bisa melakukan perawatan. Sebab selang berapa waktu sebelumnya, ibu hamil telah di urus paraji atau dukun beranak daerah situnya," katanya.

Tidak hanya itu, kejadian berikutnya sempat juga berlangsung saat hendak melahirkan. Ibu hamil itu melakukan persalinan di Dusun Kujang Sari, saat itu karena tidak kuat meneruskan perjalanan menuju ke Puskesmas.

"Ya waktu ada ibu hamil melahirkan itu di Dusun Kujang Sari, oada waktu itu mau ke Puskesmas. Tapi ibu hamil tadi gak kuat dan melakukan persalinan di rumah saudaranya," katanya.

Diketahui sebelumnya, beredar video Ibu Hamil di tandu warga ternyata kejadian itu di Kuningan, Jawa Barat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved