Breaking News:

Ibu Hamil di Kuningan Mau Melahirkan Ditandu Warga Sejauh 5 Km Lewati Perbukitan, Dirujuk ke RS

Ibu hamil yang mau melahirkan ditandu warga melewati perbukitan sejauh 5 kilometer terjadi di  Kuningan, Jawa Barat.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Tangkapan Video Warga
Ibu hamil yang mau melahirkan ditandu warga melewati perbukitan terjadi di  Kuningan, Jawa Barat. Data terhimpun bahwa kejadian itu berlangsung pada hari Rabu (7/12/2921) di Blok Pugag, Dusun Kujang Sari, Desa Kutawaringin, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Ibu hamil yang mau melahirkan ditandu warga melewati perbukitan terjadi di  Kuningan, Jawa Barat. Data terhimpun bahwa kejadian itu berlangsung pada hari Rabu (7/12/2921) di Blok Pugag, Dusun Kujang Sari, Desa Kutawaringin, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan.

Demikian hal itu dikatakan Bidan Desa Kutawaringin, Siti Ismaya saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Minggu (12/12/2021).

Bidan desa itu menceritakan, kejadian beberapa hari lalu itu diketahui setelah ada laporan warga bahwa di Blok Pugag, terdapat ibu hamil yang sudah merasa mulas seperti pada umumnya hendak melahirkan.

"Kejadian itu hari Rabu, ada warga lapor dan menjemput saya ke Blok Pugag. Saat sampai di rumah ibu hamil tadi, saya lakukan pemeriksaan sebagai pertolongan pertama pada layaknya saja," kata Bidan Ismaya.

Baca juga: 3 Hal Ini Justru Jarang Diketahui Saat Ibu Hamil Lakukan USG 4D, Apa Saja Sih?

Seusai melakukan perawatan dengan melalui pengecekan kesehatan ibu hamil tadi, Bidan desa mengaku susah mendapat bantuan untuk menolong ibu hamil tadi.

Akhirnya berinisiatif kepada keluarga ibu hamil dan warga sekitar, bahwa upaya untuk melangsungkan prosesi persalinan ini harus mendapat peralatan dan tenaga medis yang cukup di rumah sakit

"Usai dilakukan pengecekan medis pada ibu hamil, sebab masa persalinan masih beberapa hari dari rasa mulas tadi. Kami akhirnya lakukan rujuk ke Rumah Sakit Wijaya. Alasan tadi diberikan itu karena sudah melalui oberservasi," katanya.

Sebelum dibawa ke Rumah Sakit Wijaya di Kuningan, Ismaya menyebutkan ibu hamil itu mendapat perawatan medis di Puskesmas Subang. "Ya sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Wijaya. Ibu hamil sempat bermalam di Poned Puskes setempat," katanya.

Terlepas dengan kondisi kesehatan ibu hamil tadi, Ismaya menuturkan bahwa evakuasi dilakukan secara manual yang dibantu warga setempat. "Untuk evakuasi ibu hamil tadi dibawa pakai tandu yang dibuat warga. Bentuk tandunya itu dari bambu yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pakai sarung hingga tiga lapis," katanya.

Sedang jarak tempuh dari Blok Pugag menuju Dusun Kujang Sari itu sekitar 5 kilometer. Kemudian jalan kaki itu bisa memakan waktu sekitar satu setengah jam.

"Dusun Pugag di Desa Kutawaringin memang tidak banyak orang tahu lokasinya. Habisnya, jarak tempuh dengan lokasi perbukitan itu cukup membutuhkan waktu dan tenaga.

Kalau jalan kaki itu satu setengah jam dan jika naik motor trail itu sekitar 45 menit, dan bawa motornya harus yang ahli," katanya.

Mengenai warga dalam beraktivitas, kata dia menilai ada saja yang menggunakan sepeda motor biasa yang telah dimodifikasi.

"Kalau warga yang pakai motor biasa. Itu motornya juga pakai rantai yang dipasang di gelinding motornya, sebab jika tidak pasang rantai itu motor bisa jalan di tempat saja alias muser," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved