Breaking News:

Hujan Disertai Angin Kencang di Kuningan Tumbangkan Sejumlah Pohon dan Rusak Rumah

Sejumlah pohon berukuran cukup besar tumbang di beberapa daerah di Kuningan hingga menimbulkan kerusakan bangunan rumah

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa/Damkar Kuningan
Sejumlah pohon berukuran cukup besar tumbang di beberapa daerah di Kuningan hingga menimbulkan kerusakan bangunan rumah, Jumat (10/12/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Sejumlah pohon berukuran cukup besar tumbang di beberapa daerah di Kuningan hingga menimbulkan kerusakan bangunan rumah, Jumat (10/12/2021). Tumbangnya pohon itu terjadi saat turun hujan lebat mulai pukul 12.30 disertai dengan angin kencang.

"Pohon tumbang diakibatkan oleh angin kencang saat turun hujan itu terjadi di tiga desa, yakni Pangkalan, Cijagamulya dan Pagundan. Seperti pohon tumbang di Desa Pagundan, Kecamatan Lebakwangi menutup akses jalan raya Kuningan menuju Luragung dan Ciawigebang.

Jenisnya pohon angsana dengan tinggi 20 meter dan diameter 20 sentimeter," ungkap Ketua BPBD Kuningan, Indra Bayu Lesmana saat menyampaikan kepada Tribuncirebon.com, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Puluhan Pohon Tumbang di Kota Cirebon Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Baca juga: Kota Cirebon Diguyur Hujan Angin Semalam Sebabkan Pohon Tumbang hingga Atap Masjid Ambruk

Indra mengatakan, lokasi pohon tumbang selanjutnya terjadi di Desa Cijagamulya, Kecamatan Ciawigebang. Akibat kejadian itu, dua unit rumah dan kabel PLN tertimpa pohon hingga menyebabkan aliran listrik di wilayah Ciawigebang padam.

“Ada dua rumah warga tertimpa pohon dan mengalami rusak ringan, sedangkan kabel PLN yang terkena pohon tumbang panjangnya 20 meter dan pohon tumbang  di Desa Pangkalan itu roboh berada di tepi jalan yang menimpa kabel telepon dan kabel listrik, arus lalu lintas juga sempat tersendat," katanya.

Selain pohon tumbang, lanjutnya, tiupan angin kencang saat hujan juga membuat satu rumah dan satu toko milik warga mengalami rusak sedang.

"Peristiwa angin kencang ini terjadi di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipicung, bangunan yang terdampak angin kencang itu mengalami rusak sedang," katanya.

Sejumlah pohon berukuran cukup besar tumbang di beberapa daerah di Kuningan hingga menimbulkan kerusakan bangunan rumah, Jumat (10/12/2021).
Sejumlah pohon berukuran cukup besar tumbang di beberapa daerah di Kuningan hingga menimbulkan kerusakan bangunan rumah, Jumat (10/12/2021). (istimewa/Damkar Kuningan)

Sementara di tempat lain, dua batang pohon jenis Mahoni dan Jabon tumbang melintang di Jalur Provinsi, Desa Susukan, Kecamatan Cipicung. Akibatnya lalu lintas di jalur Jalaksana menuju Ciawigebang tersebut sempat tertutup beberapa jam.

"Iya ada dua pohon tumbang dan pagar tembok sekolah juga roboh tadi, saat hujan angin besar," kata Kepala Desa Susukan, Toto Ciptarasa. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved