Breaking News:

Pemkab Cirebon Jadwalkan Pelantikan Kuwu Terpilih Hasil Pilwu Serentak 2021 Akhir Desember 2021

Pemkab Cirebon tengah mempersiapkan pelantikan kuwu terpilih hasil Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Rapat koordinasi persiapan pelantikan serentak kuwu terpilih di Aula DPMD Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemkab Cirebon tengah mempersiapkan pelantikan kuwu terpilih hasil Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan, pelantikan para kuwu terpilih dijadwalkan pada akhir bulan ini.

Pasalnya, hingga kini ada beberapa desa yang belum menyelesaikan sengketa meski ia tidak menyslebutkan jumlah maupun permasalahan yang dihadapi.

Baca juga: Tukang Becak di Cirebon Terpilih Jadi Kades hingga Kalahkan Petahana dalam Pilwu Serentak

"Secara teknis sudah siap, tapi berdasarkan arahan pimpinan sehingga pelantikannya digelar 31 Desember 2021," kata Rahmat Sutrisno saat ditemui usai rapat koordinasi di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/12/2021). 

Ia mengatakan, Pemkab Cirebon tengah menyiapkan skema pelantikan serentak kuwu yang terpilih dalam pesta demokrasi tingkat desa belum lama ini.

Sebab, menurut dia, pelantikan tersebut dilaksanakan di masa PPKM level tiga yang ditetapkan Kemendagri RI mulai 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022.

Pihaknya pun masih merumuskan teknis pelantikan serentak ratusan kuwu terpilih. Namun, dari rencana awal pelantikan tersebut dibagi dalam beberapa lokasi.

Baca juga: Pilwu Serentak Selesai, Bupati Cirebon Ajak Masyarakat Bersatu Kembali

"Kami bagi tiga zonasi yang meliputi barat, tengah, dan timur. Lokasinya di kantor kecamatan yang ditentukan," ujar Rahmat Sutrisno.

Rahmat menyampaikan, rencananya pelantikan kuwu zona barat digelar di Kecamatan Arjawinangun yang akan diikuti 23 kuwu terpilih, dan di Kecamatan Palimanan 23 desa.

Sementara pelantikan zona timur di Kecamatan Lemahabang yang diikuti 21 desa, sedangkan 21 kuwu terpilih lainnya di Kecamatan Losari dan alternatifnya di Kecamatan Ciledug atau Kecamatan Pabedilan.

Menurut dia, pelantikan zona tengah di Kecamatan Weru atau alternatifnya di Kecamatan Plumbon yang bakal diikuti para kuwu terpilih dari 24 desa.

Selain itu, pelaksanaan pelantikan zona tengah lainnya direncanakan di Kecamatan Gunungjati yang diikuti 23 kuwu terpilih meski lokasinya masih dipertimbangkan.

"Kecamatan Gunungjati dan sekitarnya merupakan wilayah hukum Polres Cirebon Kota sehingga perlu disiapkan alternatifnya juga," kata Rahmat Sutrisno.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved