Breaking News:

Antisipasi Kerumunan Saat Pelantikan Kuwu Terpilih, Pemkab Cirebon Siapkan Rencana Ini

Pemkab Cirebon tampaknya tengah mempersiapkan pelantikan kuwu terpilih hasil Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Rapat koordinasi persiapan pelantikan serentak kuwu terpilih di Aula DPMD Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemkab Cirebon tampaknya tengah mempersiapkan pelantikan kuwu terpilih hasil Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana, mengatakan, jajarannya telah menyiapkan tujuh lokasi pelantikan kuwu yang mencakup zona barat, tengah, dan timur. 

"Rencananya, zona barat dua lokasi, tengah dua lokasi, timur dua lokasi dan tingkat Kabupaten Cirebon satu lokasi, sehingga totalnya tujuh lokasi," ujar Erus Rusmana saat ditemui usai rapat koordinasi di Aula DPMD Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/12/2021). 

Baca juga: Pemkab Cirebon Jadwalkan Pelantikan Kuwu Terpilih Hasil Pilwu Serentak 2021 Akhir Desember 2021

Ia mengatakan, skema khusus telah disiapkan untuk mencegah timbulnya kerumunan dalam pelantikan ratusan kuwu terpilih tersebut.

Karenanya, pihaknya membatasi undangan atau pengantar kuwu terpilih saat mengikuti pelantikan yang rencananya digelar pada 31 Desember 2021.

Setiap kuwu terpilih hanya diperkenankan diantar maksimal dua unit mobil yang berisi istri, keluarga, panitia, perangkat desa, dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

Baca juga: Sandi Rihata Kuli yang Dulu Makan Bareng Jenderal Andika Perkasa, Diberi Hadiah Spesial dari US Army

"Titik pemberangkatannya juga dari masing-masing Polsek, dan kendaraannya akan dipasang stiker khusus," kata Erus Rusmana

Erus menyampaikan, jajaran kepolisian juga akan mengawal pemberangkatannya dan seluruh kendaraan yang tidak ada stiker khusus dilarang masuk ke lokasi.

Namun, ia mengakui pemilihan lokasi pelantikan kuwu terpilih di setiap zonasi masih dikoordinasikan dengan Polresta Cirebon dan Polres Cirebon Kota.

"Ini menyangkut keamanan dan pengaturan lalu lintasnya, karena jangan sampai pelantikan kuwu mengganggu kelancaran arus kendaraan," ujar Erus Rusmana.

Baca juga: Pemkab Cirebon Jadwalkan Pelantikan Kuwu Terpilih Hasil Pilwu Serentak 2021 Akhir Desember 2021

Sementara Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan, pelantikan tingkat Kabupaten Cirebon hanya diikuti kuwu terpilih yang dari segi usia paling tua dan paling muda.

Namun, ia meminta adanya keterwakilan perempuan dalam perwakilan kuwu terpilih dalam pelantikan tersebut untuk memenuhi hak gender.

Misalnya, jika dua kategori perwakilan yang dilantik merupakan laki-laki maka perempuan yang terpilih sebagai kuwu harus dihadirkan. Ketentuan itu pun berlaku sebaliknya.

"Kalau kuwu terpililh paling tua laki-laki dan mudanya perempuan berarti cukup mereka yang dilantik Pak Bupati, karena yang terpenting harus memenuhi hak gender," kata Rahmat Sutrisno.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved