Breaking News:

Ditendang dari KPK, Novel Baswedan dkk Diterima Jadi ASN Polri, Kadiv Humas: Peraturan Sudah Keluar

Polri akan melaksanakan sosialisasi dan memproses kepegawaian para mantan pegawai KPK itu dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Editor: Machmud Mubarok
istimewa
Gedung Mabes Polri 

TRIBUNCIREBON.COM - Polri menerbitkan peraturan tentang pengangkatan khusus 57 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri.

Peraturan itu tertuang dalam Peraturan Polri Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Khusus dari 57 Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi Menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Betul sudah keluar perpol," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Dedi mengatakan, Peraturan Polri itu telah tercatat oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Selanjutnya, Polri akan melaksanakan sosialisasi dan memproses kepegawaian para mantan pegawai KPK itu dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Proses selanjutnya akan dilaksanakan sosialsasi dan bersama BKN untuk proses kepegawaiannya," ujar dia.

Adapun 57 mantan pegawai KPK diberhentikan pada 30 September 2021.   Mereka dipecat karena dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk menjadi ASN KPK.

Nama-nama para pegawai KPK yang dipecat itu antara lain Novel Baswedan, Harun Al Rasyid, dan Yudi Purnomo.

Sebelumnya, - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono mengatakan, tidak semua ke-57 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjadi penyidik di instansi Polri.

Nantinya, penempatan akan disesuaikan dengan posisi mereka saat menjadi pegawai KPK.

"Karena tidak semua ke-57 eks pegawai KPK itu kan penyidik atau penyelidik. Ada di bidang perencanaan, ada di bidang SDM, ada juga di bidang keamanan," kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (23/11/2021).

"Ini kan akan disesuaikan ketika yang bersangkutan bekerja di KPK," tegasnya.

Menurut Rusdi, Polri juga sudah menerima informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) soal posisi untuk ke-57 mantan pegawai KPK tersebut.

Rusdi melanjutkan, saat ini Polri sedang menyiapkan dan menyempurnakan payung hukum sehingga proses rekrutmen bisa berjalan baik.

"Polri sudah mendapatkan posisi-posisi mana saja ya, dari Kementerian PAN RB sudah memberikan posisi-posisi mana saja yang bisa diisi oleh ke-57 eks pegawai KPK itu, tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peraturan Terbit, 57 Eks Pegawai KPK Diangkat Jadi ASN Polri", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/12/03/17444431/peraturan-terbit-57-eks-pegawai-kpk-diangkat-jadi-asn-polri.
Penulis : Tsarina Maharani
Editor : Icha Rastika


Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved