Breaking News:

Tekanan Darah Tinggi

12 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Hipertensi, Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

Makanan sehat penting untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat mengurangi tingkat tekanan darah Anda

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
12 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Hipertensi, Mudah Ditemukan di Sekitar Kita
net
ilustrasi hipertensi

TRIBUNCIREBON.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor paling umum penyebab penyakit jantung.

Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi, yang didefinisikan sebagai nilai tekanan darah sistolik (SBP) (angka atas) 130 mm Hg atau lebih, tekanan darah diastolik (DBP, angka bawah) lebih dari 80 mm Hg, atau keduanya.

Obat-obatan, termasuk penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), biasanya digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Namun, perubahan gaya hidup, termasuk modifikasi pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengikuti makanan yang bergizi dan menyehatkan jantung disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi, termasuk mereka yang menggunakan obat penurun tekanan darah.

Makanan sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa termasuk makanan tertentu dalam diet Anda, terutama yang tinggi nutrisi tertentu seperti kalium dan magnesium, mengurangi tingkat tekanan darah Anda.

Berikut adalah 12 makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi.

1. Buah jeruk
Melansir dari Healthline.com, buah jeruk, termasuk jeruk bali, jeruk, dan lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Sebuah studi 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan berjalan secara signifikan berkorelasi dengan pengurangan SBP, efek yang oleh para peneliti dikaitkan dengan kandungan asam sitrat dan flavonoid lemon.

Penelitian juga menunjukkan minum jus jeruk dan jeruk bali dapat membantu mengurangi tekanan darah. Namun, jus jeruk bali dan jeruk bali dapat mengganggu obat penurun tekanan darah yang umum, jadi konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menambahkan buah ini ke dalam makanan Anda.

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya
Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved