Breaking News:

Human Interest Story

Cerita-cerita di Balik Pilkades Serentak di Kuningan, Ada Bapak Lawan Menantu, Istri Maju Demi Suami

Di balik perhelatan demokrasi di Kuningan itu, muncul  cerita menarik dari sejumlah desa yang menggelar Pilkades.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa/Dok
Pemungutan suara pada pemilihan kepala desa serentak di Kuningan, Minggu (28/11/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Perhelatan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 29 kecamatan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada 28 November 2021, berlangsung sukses. Hajatan demokrasi di tingkat desa itu terselenggara dengan aman dan kondusif.

Di balik perhelatan demokrasi itu, muncul  cerita menarik dari sejumlah desa yang menggelar Pilkades.

Hal itu diketahui setelah munculnya kontestan 'boneka' dalam Pilakdes kemarin alias calon kades masih memiliki kaitan saudara dengan calon kades di desa tertentu.

"Iya di desa kami, calon kades Incumbent itu lawannya menantunya sediri. Kemudian saat belum pelaksanaan Pilkades itu menantunya tidak gerak berkampanye," kata Tono (35) warga Kecamatan Ciniru saat menceritakan kepadaku Tribuncirebon.com, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Bupati Kuningan Acep Purnama Klaim 78 Desa Siap Gelar Pilkades Seusai Lakukan Vaksinasi

Berbeda dengan pengalaman Pilkades di Kecamatan Ciniru, Wawan (40) mengaku bahwa dalam Pilkades di Kecamatan Garawangi itu ada calon kades pasangan suami istri bertanding di Pilkades.

"Iya di Desa kami, ada pasangan suami istri itu bertanding di Pilkades. Sementara Suaminya  itu Incumbent dan istrinya hanya memenuhi syarat pelaksanaan Pilkades saja," kata Wawan.

Dalam pelaksanaan Pilkades kemarin diketahui tidak ada kejutan kontestan boneka lolos jadi kades terpilih. "Iya, Pilkades  kemarin. Kontestan boneka memang hanya gugur kewajiban dalam syarat Pilkades saja dan tidak ada yang jadi kades terpilih," katanya.

Terpisah saat dihubungi, H Ahmad Faruk sekaligus sebagai Kabid Pemdes di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kuningan mengaku bahwa pelaksanaan Pilkades serentak sudah selesai dilakukan di sejumlah desa.

"Untuk Pilkades serentak sudah selesai dilaksanakan. Tahapan berikutnya adalah pemberkasan panitia Pilkades dan kami menyiapkan agenda pelantikan kades terpilih di akhir tahun sekarang," katanya.

Ditanya berapa banyak kades terpilih yang memasuki masa bakti tiga periode, Kabid Pemdes ini menjawab ada sebanyak 8 desa yang kepala desanya sudah menjabat tiga periode.

"Delapan desa itu, yaitu Desa Tugu Mulya, Kecamatan Darma, Desa Sukaimut, Kecamatan Garawangi, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Desa Tenjolayar, Kecamatan Pancalang, Desa Gresik, Kecamatan Ciawigebang, Desa Sangkanmulya, Kecamatan Cigandamekar dan Desa Garawangi, Kecamatan Garawangi, serta Desa Tajur Buntu Kecamatan Pancalang," ujarnya. 

Berikut Kades Terpilih tiga periode pada Pilkades serentak 2021, yaitu  UKA Kades Sukaimut, Ampuh Surya Komariah Kades Tajurbuntu, Henny Rosdiana Kades Linggasana, Haswidi Kades Garawangi, Dindin Amparudi Kades Sangkanmulya, Parman Kades Gresik, Kamid Wahyudin Kades Tugu Mulya dan Kusniadi Kades Tenjolayar. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved