Breaking News:

Video Selebrasi Usai Pilkades Kuningan Bermunculan, Sawer Hingga Rebutan Ternak Milik Kades Terpilih

Beredar video hiburan sekaligus selebrasi usai dilakukan Pilkades serentak di 78 Desa se-Kuningan.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Video hiburan sekaligus selebrasi usai dilakukan Pilkades serentak di 78 Desa se-Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Beredar video hiburan sekaligus selebrasi usai dilakukan Pilkades serentak di 78 Desa se-Kuningan.

Video selebrasi beragam durasi pun bermunculan di sosial media, mulai peluk haru antar calon kades yang menang dan yang kalah, sawer duit hingga perampasan hewan ternak milik calon kades terpilih.

Seperti di Desa Kaliaren Kecamatan Cilimus, sejumlah warga ikut merayakan kesuksesan Pilkades di desa, tanpa kendala gangguan lingkungan.

"Alhamdulillah Pilakdes di desa kami aman. Ini bisa dibuktikan dengan sejumlah warga ikut merelakan hewan ternaknya diambil masyarakat. Seperti mengambil ikan di kolam warga dan ada juga yang bawa kambing," kata Mashuri salah seorang desa setempat, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Buruh di Indramayu Merapat ke Gedung Sate Bandung, Ikut Gabung Unjuk Rasa UMK 2022

Baca juga: Gagal Jadi Kades di Purwakarta, Boncel Nekat Maling Modul Alat Berat Bernilai Ratusan Juta

Meski kemajuan teknologi makin pesat dengan dunia internet, namun tradisi Pilkades tidak lepas sebagai hiburan demokrasi warga.

"Ya selain harta milik calon kades yang menang di Pilkades. Para pendukung juga menghibahkan hartanya untuk hiburan warga," katanya.

Kegiatan sama dilakukan di Desa Kadugede, diketahui rumah Kades terpilih itu kunjungi banyak warga.

Mereka datang semata untuk memberikan motivasi kepada kades terpilih dan pihak keluarga juga menyambut dengan tradisi sawer duit.

"Di desa kami memang begini. Ada sawer duit, tradisi ngobeng atau ngambil ikan tanpa alat dan banyak lagi hiburan yang melibatkan masyarakat," katanya.

Terpisah, H Ahmad Faruk sekaligus sebagai Kepala Bidang Pemerintah Desa, di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kuningan, mengatakan, pelaksanaan Pilkades sudah melalui tahapan yang sesuai.

"Untuk Pilkades sudah sesuai. Dari agenda Pilakdes kita temukan ada Kades terpilih paling muda dan ada juga yang memiliki umur 70 tahunan. Paling muda, itu Kades Cikondang dan Paling Tua itu Kades di Kecamatan Cimahi," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved