Breaking News:

Diresmikan Presiden Jokowi Beberapa Bulan Lalu, Ternyata Waduk Kuningan Masih Jalani Masa Uji Coba

Setelah diresmikan Presiden RI Jokowi beberapa bulan lalu, Waduk Kuningan ternyata masih menjalani uji coba.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Pembangunan Waduk Kuningan sudah rampung. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Setelah diresmikan Presiden RI Jokowi beberapa bulan lalu, Waduk Kuningan yang berada di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan, Jawa Barat ini ternyata masih menjalani uji coba.

"Betul, untuk kondisi Waduk Kuningan yang diresmikan Pak Jokowi. Hingga saat ini belum habis masa uji coba," ungkap Kadis PUTR Kuningan, Wawan Ridwan kepada wartawan, seusai melakukan kunjungan bareng Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy ke pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan, Selasa (30/11/2021) di aula Desa Garatengah, Kecamatan Jalaksana.

Kadis PUTR Kuningan menyebut, kondisi lingkungan Waduk Kuningan masih steril dari kegiatan atau aktivitas masyarakat Kuningan.

"Kondisi lingkungan Waduk Kuningan masih steril dari kegiatan masyarakat. Entah itu sebagai lokasi liburan atau kunjungan apapun," katanya.

Rampungnya pembangunan Waduk Kuningan yang merupakan  program proyek strategis nasional di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan Jawa Barat,  menjadi perhatian warga sekitar.
Rampungnya pembangunan Waduk Kuningan yang merupakan  program proyek strategis nasional di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan Jawa Barat,  menjadi perhatian warga sekitar. (TribunCirebon.com/Ahmad Ripai)

Uji coba yang dilakukan Badan Penguji Waduk, kata dia mengklaim bahwa hingga sekarang volume air belum masih stabil, kemudian pengendalian mesin generator pun sama.

"Uji coba Waduk Kuningan ini, indikatornya itu volume air belum sampai naik atau berada pada batas yang ditentukan penguji. Kemudian, mesin genarator sebagai pembangkit listrik juga belum beroperasi," katanya.

Sekadar Informasi, mengenai pembangunan Bendungan Kuningan, H. Acep Purnama, mengaku sebagai Pemerintah  menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI  Bapak Jokowi, dengan telah selesainya pembangunan Bendungan Kuningan yang merupakan program Strategis Nasional.

"Di mana mampu mendukung program Swasembada Pangan Nasional. Ini kado untuk Kabupaten Kuningan, yang mana Pembangunan Bendungan ini bisa diresmikan langsung oleh bapak Presiden, Alhamdulilah, terima kasih bapak Presiden," katanya.

Mengenai luas lahan Bendungan itu sekitar 302,26 Ha, berlokasi di 6 Desa 2 Kecamatan di Kabupaten Kuningan yaitu, Desa Randusari, Desa Sukarapih, Desa Kawungsari Kecamatan Cibeureum, Desa Simpayjaya, Desa Tanjungkerta, dan Desa Cihanjaro Kecamatan Karangkancana.

Dari keenam desa tersebut, dikatakan Bupati, Desa Kawungsari Kecamatan Cibeureum yang terkena dampak paling besar dimana satu Kawasan permukiman perdesaan sebanyak 361 KK harus direlokasi.

“Untuk Relokasi Masyarakat Desa Kawungsari Kecamatan Cibeureum telah selesai dibangun terletak di Desa Sukarapih Kecamatan Cibeureum sekitar 10 hektare dan dengan disiapkan 444 Unit Rumah Khusus dengan memperhatikan  kualitas.

Untuk masyarakat yang terkena dampak Pembangunan Bendungan Kuningan saya menaruh hormat atas dukungannya. Terima kasih juga kepada  H. Aang Hamid Suganda selaku  Bupati terdahulu  sebagai  penggagas Pembangunan Bendungan Kuningan," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved