Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Duh, Varian Baru Virus Corona di Afrika Selatan Meresahkan, tapi Semoga Tak Ada di Indonesia

Belum juga usai pandemi Covid-19 di sejumlah negara, kini muncul varian virus Corona baru yang perlu diwaspadai.

IRNA
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Belum juga usai pandemi Covid-19 di sejumlah negara, kini muncul varian virus Corona baru yang perlu diwaspadai.

Karena itu jangan lalai, tetap jaga protokol kesehatan, jangan kendor pakai masker.

Adanya temua varian baru virus Corona diumumkan Menteri Kesehatan Afrika Selatan umumkan Kamis lalu mengenai penemuan varian virus Corona baru yang menyebar secara cepat di sebagian wilayah negara tersebut.

 "Awalnya ini tampak seperti penyebaran klaster, tapi sejak kemarin, indikasi datang dari ilmuwan kami dari Jaringan Pengawasan Genomik jika mereka mengamati varian baru," papar Menkes Afrika Selatan Joe Phaahla dikutip dari CNN.

Ia juga menekankan jika saat ini masih tidak jelas di mana varian yang disebut dengan B.1.1.529 itu pertama kali muncul.

Sejauh ini varian ini telah dideteksi di Afrika Selatan, Botswana dan di dalam tubuh seorang pengelana ke Hong Kong dari Afrika Selatan, tambah Phaahla.

Selama briefing berita, ilmuwan genom mengatakan varian tersebut memiliki jumlah mutasi yang tinggi, sebuah hal yang tidak biasa, dengan lebih dari 30 mutasi di protein puncak kunci.

Protein puncak tersebut merupakan struktur yang dipakai virus untuk masuk ke dalam sel yang mereka serang.

Baca juga: Penguatan Teori Keperawatan dan Kebidanan Di Masa Pandemic Covid-19 Di RSUD Kota Bandung

Profesor Tulio de Oliveira, direktur Pusat Respon Epidemi dan Inovasi, mengatakan jika varian tersebut "memiliki lebih banyak mutasi daripada yang kita prediksi," menambahkan jika varian itu "menyebar sangat cepat dan kami harapkan untuk melihat tekanan di sistem kesehatan dalam beberapa hari dan minggu ke depan."

Ia menyarankan publik untuk "coba hindari acara penularan cepat (super spreading events)."

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved