Breaking News:

Alhamdulillah, Dinkes Indramayu Respons Cepat Kondisi Anak dari Ayah ODGJ yang Alami Luka Bakar

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu bahkan langsung melakukan kunjungan ke kediaman Ridwan untuk melihat langsung kondisinya

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ridwan anak dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menderita luka bakar cukup serius di kediamannya di Desa Segeran, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Kamis (25/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kondisi tangan Ridwan (20), pemuda warga Desa Segeran, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu yang mengalami luka bakar serius langsung direspon pemerintah daerah.

Pada hari ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu bahkan langsung melakukan kunjungan ke kediaman Ridwan untuk melihat langsung kondisinya, Jumat (26/11/2021).

Kepala Dinkes Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan, pihaknya akan mengupayakan agar kondisi Ridwan yang merupakan anak dari ayah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu dapat tertangani dengan baik.

"Alhamdulillah sudah kita tinjau langsung ke rumahnya melalui Tim Dokmaru dari Puskesmas," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Baca juga: Ini Sosok Ridwan, Anak dari Ayah ODGJ di Indramayu, Buat Kades Tersentuh, Kini Butuh Pertolongan

Baca juga: Ridwan Kamil Setuju PPKM Level 3 Saat Nataru, Imbau Seluruh Pihak Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Petugas Tim Dokmaru saat mengunjungi kediaman Ridwan, anak dari ayah yang ODGJ, yang alami luka bakar serius di Desa Segeran, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (26/11/2021).
Petugas Tim Dokmaru saat mengunjungi kediaman Ridwan, anak dari ayah yang ODGJ, yang alami luka bakar serius di Desa Segeran, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (26/11/2021). (TribunCirebon.com/Handhika Rahman)

 

Deden Bonni Koswara mengatakan, luka bakar yang dialami Ridwan, awal mulanya karena terkena ledakan kompor gas di daerah perumahan HARPES City Kecamatan Cilengsi, Bogor pada 19 Mei 2021 lalu.

Ridwan sempat mendapat perawatan di RS Hermina selama 2 minggu lamanya.

Pada 2 Juni 2021, Ridwan dibawa pulang ke rumah oleh keluarga dan menjalani perawatan di rumah oleh tenaga kesehatan terdekat.

Hanya saja, dari kedua tangannya itu justru timbul keloid.

Karena kondisi itu, pada pekan lalu, Ridwan lalu di bawa ke RS Mitra Plumbon Indramayu berdasarkan rujukan dari Puskesmas Pondoh dengan menggunakan kartu BPJS dan sudah dilakukan tindakan operasi.

"Tetapi Ridwan masih harus dilakukan tindakan operasi berikutnya, rencananya akan kontrol kembali ke RS Mitra Plumbon pada 29 November 2021 nanti," ujar dia.

Dalam hal ini, dikatakan Deden Bonni Koswara, Ridwan mengeluhkan jarinya susah digerakkan atau kaku karena adanya perlengketan di daerah luka bakar dan timbul keloid.

Untuk tindakan sementara, pihaknya melakukan terapi untuk kontrol luka dan memberikan obat antibiotik dan analgesik.

"Rencana selanjutnya, Ridwan akan kontrol ulang ke RS Mitra Plumbon Indramayu," ujar dia. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved