Breaking News:

Sisa Sebulan Lagi, Pemkab Indramayu Berpacu Kejar Capaian Vaksinasi, Kini Baru 60,36 Persen

Pemerintah Kabupaten Indramayu tetap optimis, capaian vaksinasi pada akhir tahun nanti bisa tercapai.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ilustrasi: Petugas Satgas Covid-19 Kecamatan Balongan saat melakukan vaksinasi terhadap lansia disabilitas di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu tetap optimis, capaian vaksinasi pada akhir tahun nanti bisa tercapai.

Di waktu yang hanya menyisakan kurang lebih satu bulan lagi ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Indramayu diketahui baru mencapai 60,36 persen per 24 November 2021.

Atau dengan kata lain, masih kurang sekitar 40 persen lagi agar target 1,4 juta jiwa divaksin dapat terpenuhi.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Deden Bonni Koswara mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan agar capaian yang ditargetkan pemerintah pusat itu bisa tercapai di Kabupaten Indramayu.

"Optimis pasti, kita selalu optimis target ini bisa dipenuhi," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Kamis (25/11/2021).

Pemerintah Kabupaten Indramayu sudah menghitung, untuk mengejar capaian target itu, sedikitnya harus ada 23 ribu jiwa di Kabupaten Indramayu yang divaksin setiap harinya.

Di sisi lain, ia juga mengakui, kemampuan tim vaksinasi di Kabupaten Indramayu saat ini rata-rata baru bisa melakukan vaksinasi terhadap 15-16 ribu orang saja per seharinya.

Oleh karena itu, berbagai upaya saat ini tengah dilakukan, mulai dari upaya jemput bola, menambah fasilitas kesehatan sebagai sentral vaksinasi, menambah jumlah kapasitas pelayanan, hingga menambah jumlah anggota vaksinator.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Indramayu hanya mengandalkan sebanyak 49 puskesmas yang ada untuk melayani vaksinasi.

Kini, sebanyak 10 rumah sakit dan klinik yang ada di Kabupaten Indramayu pun mulai dikerahkan untuk melayani masyarakat yang hendak divaksin.

Pemerintah Kabupaten Indramayu juga menambah petugas vaksinator yang terdiri dari bidan desa dan sejumlah relawan dari mahasiswa serta karang taruna untuk membantu pelaksanaan vaksinasi.

Termasuk sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Indramayu pun digandeng untuk membuat sentral vaksinasi demi menjaring minat masyarakat divaksin.

Dengan sejumlah upaya itu, pihaknya optimis, target di akhir Desember 2021 nanti, capaian vaksinasi di Kabupaten Indramayu bisa tercapai.

"Kita optimis, capaian 100 persen bisa terwujud di akhir Desember nanti," ujar dia.

Baca juga: Persoalan Teknis Jadi Penyebab Keengganan Masyarakat Perkotaan untuk Vaksin Covid-19

Baca juga: Buat yang Belum, Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Kota dan Kabupaten Cirebon, Kamis 25 November 2021

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved