Breaking News:

Kesehatan

Mitos atau Fakta, Bedak Bayi Bisa Menyebabkan Kanker? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Artikel ini akan mengeksplorasi apakah bedak talek menyebabkan kanker dan bagaimana mengurangi paparan bedak Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
Mitos atau Fakta, Bedak Bayi Bisa Menyebabkan Kanker? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Net
Ilustrasi bedak bayi

TRIBUNCIREBON.COM  - Untuk produk seperti bedak bayi dan bedak wajah, bedak tabur adalah bahan yang populer — dan efektif — untuk menjaga kulit Anda tetap kering dan terlindungi.

Sementara bedak bayi memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam industri kosmetik, bedak telah diteliti karena potensi hubungannya dengan kanker. Penelitian telah menunjukkan hasil yang beragam pada hubungan antara bedak dan berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium dan kanker paru-paru.

Artikel ini akan mengeksplorasi apakah bedak talek menyebabkan kanker dan bagaimana mengurangi paparan bedak Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Bedak talek dan kanker: Apa hubungannya?
Bedak adalah mineral alami yang mengandung kombinasi magnesium, silikon, oksigen, dan hidrogen.

Dalam proses pembuatannya, bedak ditambang dan diolah hingga menjadi bedak  yang biasa digunakan dalam produk kosmetik. Bedak tabur bersifat menyerap secara alami, sehingga paling sering ditemukan pada produk yang membantu menjaga kulit Anda tetap kering, seperti bedak bayi atau riasan wajah.

Mengutip dari healthline.com, dalam keadaan alaminya, bedak sering ditemukan berdekatan dengan asbes, zat berbahaya yang diketahui menyebabkan peradangan dan kanker paru-paru.

Saat bedak ditambang di dekat asbes, ada potensi kontaminasi silang antara kedua mineral tersebut. Kontaminasi ini dapat menyebabkan bedak yang mengandung asbes.

Karena potensi bahaya bedak talek yang mengandung asbes, Food and Drug Administration (FDA) telah mengambil peran utama dalam menetapkan pedoman yang aman untuk produk yang mengandung bedak.

Pada 25 Oktober 2021, FDA merilis hasil dari penugasan pengambilan sampel selama setahun yang menguji kandungan asbes kosmetik yang mengandung bedak secara acak. Para peneliti FDA tidak mendeteksi asbes di salah satu dari 50 sampel yang diuji.

Jadi, apakah bedak bayi menjadi penyebab kanker?

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved