Breaking News:

Advertorial

DPRD Kota Cirebon Setujui Raperda APBD 2022, Difokuskan Pemulihan Ekonomi

DPRD Kota Cirebon menyetujui Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 menjadi perda

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
DOKUMENTASI HUMAS DPRD KOTA CIREBON
Juru Bicara Banggar sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah, saat menandatangani persetujuan Raperda APBD 2022 dalam rapat paripurna di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Senin (22/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - DPRD Kota Cirebon menyetujui Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 menjadi perda, Senin (22/11/2022).

Raperda APBD itu disahkan dalam rapat paripurna di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, mengatakan, untuk memenuhi ketentuan Pasal 104 PP Nomor 12/2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Wali Kota Cirebon sudah menyampaikan Raperda tentang APBD 2022 .

Baca juga: DPRD Kota Cirebon Menyetujui Tiga Raperda Penyertaan Modal BUMD

Baca juga: Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Dispora Tingkatkan Pembinaan Olahraga dan Kepemudaan

Bahkan, menurut dia, seluruh fraksi DPRD Kota Cirebon juga telah memberikan pandangan umum dan pembahasannya pun dirampungkan Pemkot Cirebon yang diwakili Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Cirebon .

"Akhirnya, Raperda APBD 2021 bisa disepakati dakam pengambilan keputusan yang dilaksanakan pada rapat paripurna kali ini," ujar Affiati saat ditemui usai kegiatan.

Sementara Juru Bicara Banggar sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah, mengatakan, secara substansi Raperda APBD 2022 telah dibahas.

Diawali pembahasan di internal Banggar DPRD, ekspos Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kepada Banggar dan meminta klarifikasi kepada perangkat daerah.

Jika APBD 2021 berfokus untuk penanggulangan dampak pandemi Covid-19, maka APBD tahun ini difikuskan pada pemulihan ekonomi.

Selain itu, anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Kota Cirebon dalam APBD 2022 mencapai Rp 82,3 miliar dibanding amanat Mendagri yang meminta setiap daerah mengalokasikan BTT minimal lima persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved