Breaking News:

UMK Ciamis Tahun 2022 Hanya Naik 0,92 Persen, Bupati Herdiat Minta Maaf

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya menyayangkan besaran kenaikan UMK Ciamis untuk tahun 2022 tidak sampai 1%.

tribunnews.com
Ilustrasi uang 

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS – Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya  menyayangkan besaran kenaikan UMK Ciamis untuk tahun 2022 tidak sampai 1%.

Keputusan sementara UMK Ciamis hanya sebesar 0,92 %, sesuai dengan perhitungan dengan rumus yang sudah diatur oleh pemerintah pusat dan provinsi.

 “Memanglah disayangkan mengingat jumlah besaran kenaikan UMK (Ciamis) tidak mencapai 1%,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya pada pertemuan dengan Dewan Pengupahan Kabupaten Ciamis di Ruang Oproom Setda Ciamis Senin (22/11) seperti dalam rilis tertulis yang diterima Tribun.

Bupati Herdiat menyadari bahwa pemerintah daerah tidak dapat semena-mena  mengatur kenaikan upah (UMK) karena ada aturan yang mengatur.

Dia berharap masyarakat terutama pekerja bisa memahami terhadap regulasi aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintyah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

“Pemerintah  daerah hanya bisa merekomendasikan saja kepada pemerintah pusat dan provinsi. Karena yang menentukan aturan dan ketentuan upah adanya di pemerintah pusat dan provinsi,” katanya.

Aturan yang menjadi acuan dalam pengusulan UMK adalah UU No 11 tahun 2020 tentang Hak Cipta Kerja.  Serta  PP No 36 tahun 2021.

“Meski dalam perhitungannya UMK hanya naik sekitar  Rp 17.000. Mungkin penerima upah kerja akan kecewa. Namun diharapkan masyarakat dapat memahaminya,” ujar Bupati Herdiat.

“Sebenarnya saya merasa kasihan kepada masyarakat. Saat harga-harga semakin naik, sementara upah mereka hanya naik sedikit,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Herdiat menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat.

“Kami mohon maaf, bukan berarti Pemda tidak merespon (keluhan masyarakat). Namun kembali lagi kepada aturan yang berlaku,” ungkap Bupati Herdiat (andri m dani)      

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved